Ingin Tahu Weton Bayi Baru Lahir? Begini Cara Hitung Neptu Menurut Primbon Jawa


Perhitungan neptu weton bayi baru lahir-predvopredvo-Pixabay

INFO MOJOKERTO - Bagi Masyarakat Jawa tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Weton, lalu bagimanakah cara menghitung Weton?

Seperti yang anda ketahui bahwa biasanya weton digunakan untuk mengetahui watak seseorang serta kecocokan antar pasangan yang ingin menikah berdasarkan hari tanggal lahir seseorang 

Berdasarkan Primbon Jawa, weton merupakan hari lahir seseorang yang digunakan sebagai patokan sebagai penunjuk ramalan tertentu.

Weton sendiri memiliki rumus perhitungan yang berdasarkan pada hari dan pasaran, namun ada juga yang dihitung berdasakan bulan maupun tahun kelahiran.

Tak hanya itu Perhitungan Weton sendiri sangat dinilai penting bagi masyarakat Jawa terutam dalam melaksanakan suatu acara yang penting seperti pindah rumah, hari membuka usaha, bahkan hingga pernikahan.

(BACA JUGA:7 Arti Ramalan Weton Jodoh, Lengkap dengan Cara Menghitungnya)

Weton Jawa tersebut digunakan sebagai penentu tanggal yang baik dalam melaksanakan acara tersebut dan menghindari hal - hal yang membawa peruntungan buruk.

Dikarenakan weton merupakan sebagai penentu keputusan suatu hal yang penting, maka hal tersebut tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Biasanya masyarakat Jawa menyerahkan perhitungan weton tersebut kepada orang yang dituakan atau yang biasa dianggap memiliki ilmu yang cukup untuk melakukannya.

Lalu bagaimanakan cara menghitung Neptu weton bagi bayi baru lahir?

Weton merupakan hari pasaran lahir yang merupakan gabungan dari hari dalam kalender Masehi dan pasaran dalam kalender Jawa. 

Dalam perhitungan kalender Masehi terdapat tujuh hari dimana terdiri dari hari Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, dan Sabtu.

Sedangkan dalam kalender Jawa terdapat lima pasaran yang terdiri dari Pahing, Pon, Wage, Kliwon, dan Legi.

Berikut perhitungan neptu weton berdasarkan hitungan Jawa sebagai berikut:

Hari :

Minggu, memiliki nilai = 5

(BACA JUGA:Ingin Tahu Kecocokan Anda dengan Pasangan? Inilah Cara Hitungan Weton Jodoh Menurut Primbon Jawa)

Senin, memiliki nilai = 4

Selasa, memiliki nilai = 3

Rabu, memiliki nilai = 7

Kamis, memiliki nilai = 8

Jumat, memiliki nilai = 6

`
Kategori : Lifestyle
Sumber : primbon jawa