Selasa 21-09-2021,04:03 WIB

Tips Alami Atasi Anosmia yang Mudah Dilakukan di Rumah


Reporter : Zaini R
Editor : Zaini R





ilustrasi hidung tak bisa mencium bau--freepik

INFO MOJOKERTO - Hilangnya sebagian atau seluruh indera penciuman atau Anosmia saat ini banyak dibicarakan orang lantaran menjadi salah satu indikasi orang terpapar virus covid-19.


isi test script dev

Namun jika Anda dinyatakan negatif Covid-19 tetapi mengalami anosmia, Anda dapat melakukan terapi sendiri di rumah untuk memulihkannya.   

Dilansir dari Healthline, berikut merupakan 4 cara alami yang dapat mengembalikan indera penciuman anda. 


isi test script dev

(BACA JUGA:Simple Banget Bund Gak Perlu Ribet Bikin Sarapan, Ini Resep Sandwich Burger Goreng)

1. Latihan penciuman

Pelatihan penciuman dapat anda lakukan dengan mencium empat jenis bau setiap harinya. Anda dapat menghirup dengan perlahan selama 20 detik. Setiap aroma/bau dapat anda ulang sebanyak tiga kali sehari. Lakukan pelatihan ini rutin sampai 6 minggu. Anda dapat mencoba aroma seperti kopi giling, mawar, jeruk, kayu putih, vanila, cengkeh, dan daun mint. 

2. Minyak jarak

Secara alami, minyak jarak telah lama digunakan untuk mengembalikan penciuman yang hilang. Asam risinoleat yang terkandung dalam minyak jarak mampu membantu melawan infeksi. Selain itu, minyak jarak juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan saluran hidung yang disebabkan oleh pilek dan alergi. 

Anda dapat memanaskan minyak jarak di atas kompor atau microwave. Pastikan hingga minyak tersebut hangat dan tidak panas. Kemudian, anda dapat menempatkan dua tetes minyak di setiap lubang hidung anda. Lakukan sebanyak dua kali sehari yaitu sekali saat bangun tidur dan sebelum tidur. 


Tags : #tips pulihkan anosmia #aroma yang dapat memulihkan anosmia #anosmia #7 bahan alami atasi anosmia
Kategori : Lifestyle