Selasa 21-09-2021,04:05 WIB

Jokowi Sampaikan Rencana Indonesia Bila Pandemi Berubah Jadi Endemi


Reporter : Shaliha Sausan Haya
Editor : Jazila





Foto Presiden Joko Widodo saat Mengumumkan Perpanjangan PPKM hingga 30 Agustus 2021--Tangkapan layar dari kanal Youtube Sekretariat Presiden

INFO MOJOKERTO - Pemerintah telah memiliki rencana bila pandemi berubah menjadi endemi. Presiden Indonesia Joko Widodo, tidak menjamin pandemi Covid-19 dapat segera ditekankan ke titik nol. 


isi test script dev

Kasus infeksi baru serta tidak beraturannya kurva pandemi tengah terjadi saat ini. Presiden Joko Widodo telah memberi pesan bahwa Covid-19 akan tetap ada meskipun covid-19 telah ditekankan ke titik nol.

“Kita harus menyampaikan bersama-sama pada masyarakat, kepada rakyat, bahwa Covid-19 ini tidak mungkin hilang secara total. Yang bisa kita lakukan adalah mengendalikan,” ujar Presiden Joko Widodo, Senin (6/9).


isi test script dev

Masyarakat perlu mengetahui pesan tersebut agar tidak merasa bahagia yang berlebih ketika kurva pandemi menjadi turun karena seharusnya masyarakat harus tetap mengetahui bahwa Covid-19 selalu mengintai.

“Varian Delta selalui mengintip kita. Begitu lengah, bisa naik lagi,” kata Presiden Jokowi.

(BACA JUGA:Kabar Baik untuk ENGENE! Jake ENHYPEN telah Sembuh dari Covid-19)

Tidak hanya di Indonesia yang memiliki wacana pandemi berubah menjadi endemi, hampir seluruh negara mempunyai wacana serupa. 

Pandemi merupakan kondisi penyakit menular hingga batas negara, sedangkan endemi merupakan penyakit yang hanya menular pada suatu wilayah.

Sumber penularan ketika kondisi endemi telah ada dan menetap di wilayah setempat.

Namun, saat ini banyak orang akan mendapat perlindungan kekebalan melalui vaksinasi atau infeksi alamiah sehingga dapat menekan angka penularan meskipun virus Covid-19 terus beredar.


Tags : #varian delta covid-19 #rencana pemerintah #presiden indonesia #pemerintah #pandemi covid-19 #pandemi #jokowi #endemi #covid-19
Kategori : Nasional