Sabtu 25-09-2021,09:38 WIB

Cek Fakta: Beredar Poster Belasungkawa dari PMI Provinsi DKI Jakarta untuk Megawati Soekarnoputri, Ini Faktanya


Reporter : Hasta Amalia
Editor : Avilia Primaturin





Tangkapan layar klarifikasi PMI Provinsi DKI Jakarta di akun Instagram-instagram.com/@pmi_dkijakarta-

INFO MOJOKERTO - Beredar sebuah Reels Instagram yang berisi poster ucapan belasungkawa untuk  seseorang dalam gambar yang terlihat seperti Megawati Soekarnoputri dengan mengatasnamakan PMI Provinsi DKI Jakarta.


Postingan tersebut diunggah oleh sebuah akun yang bernama _genocide.anon3 dan mulai tersebar pada Kamis (9/9). Dalam caption tertulis “Semoga beruntung”.

Dilansir dari turnbackhoax.id menurut penelusuran, PMI Provinsi DKI Jakarta telah mengklarifikasi mengenai Reels Instagram dari _genocide.anon3 yang memposting poster belasungkawa dengan menggunakan logo dan nama PMI DKI Jakarta.


Klarifikasi tersebut diumumkan oleh PMI Provinsi DKI Jakarta melalui akun resmi Instagramnya @pmi_dkijakarta pada Jumat (10/9) dan menyatakan dengan tegas bahwa unggahan dari _genocide.anon3 adalah palsu.

Seluruh pengurus, staf, dan relawan PMI Provinsi DKI Jakarta tidak pernah membuat dan mengunggah sebuah poster belasungkawa untuk seseorang yang digambarkan mirip dengan Presiden RI ke-5.

(BACA JUGA:Fakta atau Hoaks: Membasuh Hidung dengan Garam Dapat Menghilangkan Virus Corona, Cek di Sini)

“Terkait beredar luasnya flyer dukacita yang memunculkan tokoh nasional pada laman media sosial Instagram Reels akun _genocide.anon3 yang menggunakan desain dan format flyer PMI Provinsi DKI Jakarta, PMI Provinsi DKI Jakarta menyatakan postingan tersebut bukan dibuat dari pengurus, staf, dan relawan PMI Provinsi DKI Jakarta.” Ungkap Ketua Pengurus PMI Provinsi DKI Jakarta, Rustam Effendi melalui keterangan tertulis yang diterima pada Jumat (10/9).


Tags : #pmi provinsi dki jakarta #pdip #megawati soekarnoputri #kabar hoax #kabar duka megawati #cek fakta megawati sakit
Kategori : Nasional