Rabu 20-10-2021,16:49 WIB

Sering Dilantunkan di Mushola, Ini Lirik dan Terjemahan Sholawat 'Eling-eling Sira Manungsa'


Reporter : Hasta Amalia
Editor : Avilia Primaturin





Sholawat-ismail_fanani06-instagram

INFO MOJOKERTO - Umat muslim biasanya sebelum melakukan sholat jamaah di mushola atau surau, mereka akan melantunkan pujian atau sholawat sesudah adzan.

Hal ini sudah menjadi budaya loh, terutama di wilayah Jawa. Budaya sholawatan ini dilantunkan untuk memuji Nabi Muhammad SAW sembari menunggu kedatangan jamaah lain.

Perlu diketahui jika sholawat tak hanya untuk memuji Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Namun, sholawat juga dapat berfungsi sebagai doa-doa untuk kebaikan diri sendiri, orang tua, dan umat muslim lain; nasihat; dan peringatan.

Budaya sholawatan atau pujian ini pada mulanya adalah salah satu strategi Wali Songo dalam menyebarkan agama Islam.

Sholawat ada berbagai macam, ada sholawat yang berbahasa Arab, ada sholawat yang berbahasa Indonesia, dan di wilayah Jawa ada sholawat yang menggunakan bahasa Jawa.

(BACA JUGA:Sempat Heboh Pasien COVID-19 dengan Hasil CT Value 1,8 yang Diduga Terinfeksi Varian Mu, Ternyata Hanya Salah Paham)

Apapun bahasa yang digunakan untuk sholawat tidak masalah asalkan tetap memiliki nilai agama dan tujuan yang baik.

Contohnya seperti sholawat Jawa yang berjudul “Eling-eling Sira Manungsa”. Sholawat ini merupakan sholawat sebagai nasihat dan peringangatan untuk umat muslim.


Tags : #terjemahan sholawat eling-eling sira manungsa #sholawat peringatan #sholawat nasihat #sholawat jawa #sholawat eling-eling sira manungsa #pujian sesudah adzan #lirik sholawat eling-eling sira manungsa #budaya wali songo #budaya pujian sebelum sholat #budaya jawa
Kategori : Entertainment