Mulai Oktober, Naik Pesawat dan Kereta Api Tak Perlu Aplikasi PeduliLindungi


Tampilan QR Code aplikasi PeduliLindungi-SehatNegeriku-Website Kemenkes

INFO MOJOKERTO – Mulai bulan Oktober mendatang masyarakat sudah bisa berpergian menggunakan pesawat dan kereta api tanpa harus mengunduh aplikasi PeduliLindungi selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Chief Digital Transformation Office Kemenkes, Setiaji mengungkapkan jika telah berkolaborasi bersama berbagai aplikasi antara lain, Gojek, Grab, Tokopedia, Traveloka, LinkAja, dan Tiket.com.

Dengan adanya kerjasama tersebut, tentunya akan lebih memudahkan masyarakat untuk tidak harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi lagi saat berpergian dengan transportasi umum, baik transportasi udara maupun darat.

Setiaji juga mengungkapkan validasi penumpang nantinya akan dilakukan saat pembalian tiket. Hal tersebut sudah memungkinkan karna sistem telah terintegrasi dari layanan faskes ataupun lab hingga pembelian tiket melalui platform online.

Kemudian untuk penumpang pesawat Setiaji menuturkan jika validasi bisa dilakukan lewat pengecekan NIK di bandara selanjutnya akan muncul status layak atau tidak untuk melakukan perjalanan. Intergtasi dari program tersebut akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang.

(BACA JUGA:Nekat! Hadiri ‘Pesta Covid’ Beberapa Orang Justru Berakhir di ICU)

“ Jadi tidak harus menggunakan PeduliLindungi. Tapi Anda bisa mendapatkan fitur-fitur dalam PeduliLindungi, ini kami akan lauchimh Oktober,” ujar Setiaji saat diskusi RCEE Working Group yang disiarkan pada kanal YouTube BNPB.

Pengambilan langkah-langkah kolaborasi bersama platform digital ini guna menjawab keluhan-keluhan masyarakat yang tidak dapat mengakses aplikasi PeduliLindungi pada ponselnya. (IM)

`
Tags :
Kategori :

Berita Terkait