Rabu 20-10-2021,17:42 WIB

Obor Api PON Papua Gambarkan Budaya dan Karakter Papua


Reporter : Shaliha Sausan Haya
Editor : Jazila





Obor Api PON Papua-Instagram @ponxx2020papua-

INFO MOJOKERTO - Kirab api PON XX Papua menyerupai bentuk tifa karena pada kirab api PON XX Papua menggambarkan budaya serta karakter yang dimiliki Papua.

Tifa merupakan alat musik asal Papua dan dipercaya masyarakat Papua bahwa Tifa dapat menyatukan semua elemen masyarakat. Oleh sebab itu, kirab api didesain menyerupai bentuk tifa.

Ornamen yang terdapat pada obor PON Papua juga terinspirasi dari kekayaan alam yang berasal dari Papua, seperti terdapat warna kuning yang menyimbolkan kemakmuran dan kejayaan wilayah gunung dan pantai.

Api yang digunakan dalam obor tifa dari api abadi Klamono yang dibawa untuk mengelilingi Papua dan berakhir di Kalderon Stadion Lukas Enembe.

Obor api yang memiliki bentuk unik merupakan hasil desain dari Reza Pamungkas. 

(BACA JUGA:Mengkolaborasikan Gaya Rustic dan Industrial, 'N.CO Resto and Cafe’ Wajib Kamu Kunjungi Jika Kamu Ingin Berfoto-foto Sambil Ngopi)

Reza menyampaikan mulanya Ia memiliki lima model tapi akhirnya Ia memilih model tifa sebagai obor api yang digunakan pada PON Papua kali ini.


Tags : #tifa #reza pamungkas yang mendesain obor api pon papua #pon xx papua 2021 #ornamen dalam obor api pon papua #obor api pon papua #obor api model tifa #kirab api pon papua menggambarkan budaya dan karakter papua #filosofi dan budaya papua tercantum dalam obor api #bentuk obor api pon papua unik #api yang digunakan berasal dari api abadi klamono
Kategori : Nasional