Rabu 20-10-2021,17:00 WIB

Wow! Smelter PT Freeport di Gresik Digadang Akan Jadi yang Terbesar di Dunia, Kok Bisa?


Reporter : Hasta Amalia
Editor : Avilia Primaturin





Smelter PT Freeport Indonesia di kawasan ekonomi khusus Gresik-Tangkapan layar dari YouTube Sekretariat Presiden-

INFO MOJOKERTO - Pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi menyebut jika smelter ini adalah yang terbesar di dunia.

Dilansir dari pmjnews.com, Jokowi melakukan groundbreaking (peletakan batu pertama) pada pembangunan smelter ini pada Selasa (12/10).

Dalam kunjungan kali ini turut dihadari pula oleh Menteri BUMN, Meko Perekonomian, Menteri ESDM, Menteri Perindustrian, Gubernur Jawa Timur, dan Kapolda Jawa Timur, serta Pangdam V/Brawijaya.

Kemudian, Jokowi menjelaskan jika smelter ini dapat mengelolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun.

“Kita mendapatkan laporan jika smelter yang akan dibangun dengan desain single line ini merupakan yang terbesar di dunia karena mampu mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun.” jelas Jokowi saat memberi sambutan yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretarial Presiden, Selasa (12/10).

(BACA JUGA:Jelang Liburan Tahun Baru dan Natal Pemerintah Mulai Siapkan Strategi Antisipasi Lonjakan Kasus Covid)

Lebih lanjut, Jokowi menerangkan bahwa smelter yang dibangun di Gresik pada lahan seluas 103 hektar ini memiliki nilai investasi yang tinggi, sebesar USD3 miliar atau setara dengan Rp42 triliun.


Tags : #smelter terbesar di dunia #smelter pt freeport indonesia #sambutan presiden jokowi #pt freeport indonesia #presiden ri #presiden joko widodo #peletakan batu pertama smelter pt freeport indonesia #kawasan ekonomi khusus gresik #jokowi ungkap smelter freeport di gresik adalah yang terbesar di dunia #groundbreaking pembangunanan smelter freeport oleh jokowi
Kategori : Nasional