Sah! Yahya Cholil Staquf Terpilih Jadi Ketua Umum Baru PBNU


Foto Yahya Cholil Staquf Ketua Terpilih PBNU--Tangkapa layar instagram @pwnujatim

Info Mojokerto - Yahya Cholil Staquf atau biasa dipanggil dengan sebutan Gus Yahya telah resmi terpilih sebagai Ketua Umum Baru Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Pbnu) periode 2021 – 2026 dalam sidang Pleno V Muktamar Pbnu ke-34 di Lampung pada Jumat (24/12).

Yahya Cholil Staquf memperoleh suara terbanyak dari pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (Pwnu), pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (Pcnu), dan Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (Pcinu).

Gus Yahya terpilih dengan meraih suara sebanyak 337, dan mengungguli suara dari Said Aqil Siradj dengan perolehan 210 suara, dari 548 suara dan satu suara dinyatakan abstains (batal). Total suara tersebut dinyatakan oleh Prof M Nuh sembari mengetuk palu dari tayangan youtube TVNU.

Selain Yahya dan Said, terdapat tiga bakal calon lainnya yaitu As’ad Said Ali dengan perolehan suara 17 suara, Marzuki Mustamar  dengan perolehan suara 2, dan Ramadhan boayu dengan perolehan 1  suara.

(BACA JUGA:Gus Yahya Resmi Terpilih Jadi Ketua Umum PBNU, Ini Sosoknya)

Lantas, siapakah sosok Yahya Cholil Stauf atau yang biasa disapa Gus Yahya itu?

Beliau Merupakan tokoh Nahdlatul Ulama berasal dari kota Rembang, Jawa Tengah, yang lahir pada tanggal 16 Februari 1966. Beliau juga merupakan kakak dari Yaqut Cholil Qaumas, Menteri Agama RI saat ini.

`
Kategori : Nasional
Sumber : youtube.com/tvnu