Gempa 5,2 Magnitudo Mengguncang Halmahera Maluku Utara

INFO MOJOKERTO- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan telah terjadi gempa bumi di Halmahera Barat Maluku Utara Minggu (26/12)pukul 09.22 WIB.

Gempa bumi tersebut terjadi di 130 km Barat Laut Halmahera dengan berada pada lintang bujur di 2.21 LU ,126.79 BT. BMKG juga mengatakan telah terjadi Gempa berkekuatan 5,2 magnitudo.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengatakan jika gempa tersebut tidak berpotensi Tsunami.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi adalah gempa bumi yang dangkal, dengan hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami," terangnya Minggu (26/22) dikutip dari laman resmi BMKG.

(BACA JUGA:Duh! RM dan JIN Dinyatakan Positif Covid -19 ) 

Meski demikian BMKG mengingatkan warga Halmahera Provinsi Maluku Utara untuk tetap berhati-hati dan waspada tentang adanya potensi gempa susulan, dan tidak panik serta menghindari bangunan yang retak ataupun rusak akibat gempa tersebut.

Warga diharapkan untuk terus mengikuti perkembangan informasi dari situs laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), agar tidak mendapat berita palsu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. (IM)



 

`
Kategori : Nasional
Sumber : bmkg.go.id