WHO Ungkap Omicron Menular Lebih Cepat, Kemenkes Imbau Tunda Perjalanan Luar Negeri


Ilustrasi Covid-19 Varian Omicron-geralt-Pixabay

INFO MOJOKERTO - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan bahwa Omicron memiliki karakteristik penularan yang lebih cepat daripada varian Delta.

Mengetahui hal tersebut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau untuk menunda jalan-jalan ke luar negeri.

Data WHO menyebutkan data penghitungan prediksi peningkatan kasus akibat Omicron dibandingkan dengan Delta serta mempertimbangkan tingkat penularan dan risiko keparahan. Hasilnya, kemungkinan akan terjadi peningkatan penambahan kasus yang lebih cepat akibat Omicron.

Namun, tingkat penggunaan tempat tidur rumah sakit atau ICU lebih rendah dibandingkan periode delta. Artinya, varian Omicron memiliki penularan yang tinggi tapi dengan risiko sakit berta yang rendah.

Dilansir dari laman Kemenkes, pada 26 Desember 2021, 46 kasus Omicron yang terdeteksi di Indonesia, 15 orang di antaranya (32,6%) merupakan pelaku perjalanan dari Turki. Ada pula kasus konfirmasi Omicron yang berasal dari pelaku perjalanan luar negeri lainnya.

(BACA JUGA:Pemerintah Umumkan Kasus Transmisi Lokal Pertama Omicron di Indonesia, Terdeteksi di Kota Ini)

Sementara itu, pada 29 Desember 2021 ada penambahan kasus konfirmasi Omicron sebanyak 21 kasus yang merupakan pelaku perjalanan luar negeri. Ditambah lagi dengan adanya kasus Omicron transmisi lokal 1 orang sehingga total kasus Omicron sebanyak 68 orang.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmidzi menghimbau kembali untuk menunda perjalanan ke luar negeri bagi para WNI karena resiko penularan yang tinggi. 

`
Kategori : Nasional