Pemerintah Putuskan Vaksin Covid-19 Booster Akan Dilaksanakan Mulai 12 Januari 2022, Gratis atau Berbayar?


Tangkapan Layar Siaran Pers Kemenkes, Senin (26/7)-menkes-

INFO MOJOKERTO - Kementerian Kesehatan dan Pemerintahan telah memutuskan vaksin Covid-19 program vaksin dosis ketiga (booster) akan mulai dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2022. 

Vaksin booster akan diberikan kepada masyarakat yang minimal berusia 18 tahun dan telah melakukan vaksinasi dosis kedua 6 bulan.

Keputusan ini diumumkan langsung oleh Kepala Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan pers usai mengikuti Rapat Terbatas mengenai Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada hari Senin (3/1) di Jakarta.

Untuk program booster vaksin Covid-19 ini membutuhkan sekitar 230 juta dosis vaksin. Saat ini Indonesia telah memiliki stok vaksin sebanyak 113 juta dosis vaksin.

Vaksin ini akan diberikan ke Kabupaten/Kota yang sudah memenuhi kriteria 70% untuk suntikan dosis pertama dan 60% dosis kedua.

(BACA JUGA:Kasus Covid-19 Varian Omicron Semakin Melonjak, Menkes : Setengah Pasien Omicron Tanpa Gejala)

Kemenkes menegaskan bahwa pemerintahan juga akan mengambil keputusan setelah mendapatkan rekomendasi dari Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI). Selain itu, Kemenkes terus berupaya untuk mempercepat vaksinasi dan menghabiskan stok vaksin dosis pertama dan kedua.

Lalu berbayar kah vaksin dosis ketiga (booster)?

Melansir dari situs Sekretariat Kabinet, berikut pernyataan dan Daftar Harga Vaksin Covid-19 dosis ketiga (booster).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlanga Hartanto menyebutkan akan ada tiga opsi yang telah disiapkan oleh pemerintah. Opsi pertama, yaitu pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Booster dari program pemerintah, yang kedua, yaitu penerima bantuan iuran (BPJS Kesehatan) dan yang ketiga, mandiri atau berbayar.

"Pak Menkes akan menjelaskan (soal vaksin booster), tetapi opsi itu tetap ada, ada opsi PBI dan program dan mandiri, itu opsinya," kata Airlangga.

Saat ini pemerintah telah merampungkan ketentuan-ketentuan terkait dari pelaksaan vaksinasi covid-19 booster untuk pelaksanaannya akan disesuaikan dengan kebutuhan. 

Berikut lima vaksin Covid-19 yang bakal jadi vaksin booster 2022 dan perkiraan harganya berdasarkan data dari UNICEF:

1. Harga vaksin Covid-19 Pfizer

`
Kategori : Nasional