Cegah Omicron! Berikut Daftar Negara yang Dilarang Masuk ke Indonesia


ilustrasi bandara-pixabay/Skitterphoto-pixabay/Skitterphoto

INFO MOJOKERTO - Dalam mencegah Omicron masuk ke Indonesia. Pemerintah terus berupaya melakukan pecegahan penyebaran virus corona varian omicron.

Salah satunya adalah dengan menutup akses dari berbagai pintu masuk dari jalur darat, laut, dan udara. Seperti halnya melarang warga yang punya riwayat berpergian ke luar negara tertentu dan masuk ke Indonesia.

Baru-baru ini pemerintah kembali memperbaruhi daftar-daftar negara yang sementara tidak diijinkan memasuki area Indonesia demi pencegahan penyebaran dan penularan kasus varian Omicorn.

Melalui surat edaran Satuan Tugas (Satgas) nomor 1 tahun 2022. Pemerintah mencatat Warga Negara Asing (WNA) dari terdapat 14 negara yang dilarang untuk masuk ke Indonesia.

Namun, untuk pelaku Warga Negara Indonesia (WNI) dengan perjalanan luar negeri diizinkan memasuki Indonesia dengan tetap mengikuti protokol kesehatan ketat sebagaimana ditetapkan pemerintah.

(BACA JUGA:Berbeda dengan Varian Lain! Penelitian Terbaru Ungkap Omicron Lebih Menginfeksi Tenggorokan Daripada Paru-paru, Ini Penjelasannya)

Kendati demikian, Warga Negara Indonesia (WNI) dari 14 negara tersebut masih diberikan kesempatan memasuki Indonesia dengan syarat menunjukkan hasil negatif RT PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam, serta wajib melanjutkan karantina terpusat selama 10 hari.

`
Kategori : Nasional
Sumber : kemenkes.go.id