8 Resep Nasi Merah Terbaik untuk Dinikmati saat Diet Sehat


Ilustrasi beras merah-EzBom-pixabay.com

INFO MOJOKERTO - Beras merah sangat bergizi jika dibandingkan dengan nasi putih. Meski beras merah dan putih sama-sama mengandung karbohidrat, perbedaannya terletak pada nilai gizinya yang ditentukan dari cara pengolahannya. 

Sementara kulit beras merah yang dihilangkan dalam beras merah, ketiga lapisan – sekam, dedak, dan kuman – dihilangkan dalam beras putih. Dedak dan benih beras merah mengandung vitamin, mineral, serat pangan, asam amino esensial, dan oryzanol.

Namun, masalah utama dari beras merah adalah proses memasaknya dan rasa yang tidak terlalu enak jika dimakan biasa. Tetapi anda tidak perlu khawatir, anda dapat menikmati makan nasi merah dengan menu resep dibawah ini.

Cara memasak, beras merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibanding  beras putih yaitu beras merah: 1,8 g, setara dengan beras putih 0,4 g/100g).

Karena itu, memasaknya lebih lama dari beras putih. Sebelum dimasak rendam beras merah selama 15-20 menit. Berikut adalah beberapa poin yang perlu diingat dalam memasak beras merah.

(BACA JUGA:Perbedaan Chia Seed Vs Biji Selasih Untuk Diet Sehat, Mana yang Baik?)

Rasio Beras Merah Terhadap Air harus dua kali lipat dari jumlah beras karena beras merah menyerap lebih banyak air dan memiliki 3 lapisan. Rasio air dan beras merah harus 2:1 (dua bagian air dan satu bagian beras).

`
Kategori : Lifestyle

Berita Terkait