Program Kampus Merdeka 2022 akan Dibuka, Catat Jadwal dan Kuotanya


Program Kampus Merdeka-tangkapan layar dari YouTube KEMENDIKBUD RI-

INFO MOJOKERTO - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali melanjutkan Program Kampus Merdeka di tahun 2022.

Sebagai program unggulan, Kemendikbudristek masih terus berupaya memfasilitasi mahasiswa untuk mengikuti program ini melalui berbagai program flagship seperti Kampus Mengajar, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), dan Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).

Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Dikti Ristek), Nizam menyampaikan bahwa program Kampus Merdeka diharapkan dapat meningkatkan pengalaman mahasiswa di dunia kerja. Menurutnya, mahasiswa harus memperoleh pengalaman di luar bangku kuliah dengan langsung turun ke lapangan.

“Ke depannya tentu diharapkan tiap kampus mampu memberikan secara penuh SKS bagi adik-adik untuk melakukan program Kampus Merdeka,” kata Nizam  dalam keterangan tertulis yang dikutip Info Mojokerto di laman resmi Ditjen Diktiristek pada Minggu (9/1).

Nizam melanjutkan, program Kampus Merdeka ini merupakan sebuah upaya perubahan yang dapat dilakukan oleh perguruan tinggi agar bisa melampaui kemajuan yang bersifat dinamis. Seluruh kampus diharapkan semakin yakin bahwa program ini menjadi terobosan zaman, karena program seperti ini di luar negeri baru dilaksanakan di beberapa kampus ternama.

(BACA JUGA:Info Beasiswa Diploma, S1, S2 Brunei Darussalam Tahun 2022, Kuliah Gratis Dapat Tunjangan Rp 5 Juta Lebih)

“Setiap kemajuan dibutuhkan perubahan. Bagaimana kita melangkah ke depan, kita harus keluar dari zona nyaman. Ada hal yang harus ditinggalkan dan menuju business unusual dengan melakukan inovasi juga terobosan baru untuk menciptakan SDM unggul,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Project Management Officer Kampus Merdeka, Erwin Tobing menyampaikan dari empat program flagship Kampus Merdeka, mahasiswa memberikan respon yang cenderung positif terhadap program-program ini dan berpotensi tinggi untuk terus dilaksanakan ke depannya.

Untuk itu, Kemendikbudristek berkomitmen untuk menjaga keberlangsungan program Kampus Merdeka di tahun 2022 dan akan merancang program yang sebelumnya belum ada di tahun 2021.

`
Kategori : Nasional

Berita Terkait