Potensi Banjir! Inilah Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Timur dalam 3 Hari ke Depan


ilustrasi BMKG Prakiraan Cuaca Jawa Timur-infobmkgjuanda-instagram.com

INFO MOJOKERTO - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca selama tiga hari kedepan mengenai potensi hujan di sejumlah wilayah di Jawa Timur, mulai tanggal 12 Januari 2022 hingga 14 Januari 2022.

Sejumlah wilayah di Jawa Timur dalam tiga hari kedepan masih harus mewaspadai cuaca hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang hingga berisiko memicu berbagai kondisi bencana hidrometeorologi.

Dikutip dari bmkg.go.id, sirkulasi siklonik berada di Samudra Hindia selatan Jawa Timur yang membentuk dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di perairan selatan Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

Konvergensi lainnya juga terpantau memanjang di daerah Banten hingga Jawa Timur, dari Kalimantan Tengah bagian selatan hingga Selat Karimata, Laut Jawa bagian Timur, dan di Sulawesi Barat hingga Sulawesi Selatan.

Terpantau untuk daerah pertemuan angin (konfluensi) berada di Selat Karimata bagian selatan hingga Laut Jawa.

(BACA JUGA:Cek! Daftar Merek dan Tipe Set Top Box 'STB' untuk TV Digital Kominfo 2022)

Sehingga berdasarkan kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi munculnya awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Berikut daftar wilayah di Jawa Timur yang diwaspadai hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang, dilansir dari akun Instagram resmi @infobmkgjuanda:

`
Kategori : Nasional