Cek Fakta : Benarkah Tes PCR Tidak Mampu Membedakan Virus SARS-Cov-2 dan Influenza? Ini Faktanya


Ilustrasi PCR dan Swab antigen-kollinger-pixabay.com

INFO MOJOKERTO - Beredar sebuah informasi pada media sosial Twitter mengenai Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) yang mengakui ketidakmampuan tes PCR untuk membedakan antara virus SARS-CoV-2 dan influenza.

Narasinya yaitu sebagai berikut : “The CDC has finally admitted that the PCR test cannot even differentiate between SARS-CoV-2 and influenza viruses.”

Pernyataan tersebut disebarkan oleh akun @trevorblee pada 29 Desember 2021. Unggahannya telah dibagikan ulang lebih dari 3.400 kali. Selain itu, terdapat lebih dari 5.200 orang menyukai dan lebih dari 200 orang memberikan komentar.

Klaim tersebut berawal dari laporan laboratorium yang diunggah oleh CDC Division of Laboratory System pada 21 Juli 2021 bahwa pasca 31 Desember 2021, CDC akan menghapus tes PCR dan menggantikannya dengan CDC Influenza SARS-Cov-2 (Flu SC2) Multiplex Assay.

Berdasarkan hasil penelusuran, berita tersebut adalah hoaks. Transisi tersebut tidak disebabkan oleh ketidakmampuan tes PCR dalam membedakan virus SARS-CoV-2 dan influenza, melainkan karena metode tes yang baru akan lebih efektif dalam mendeteksi kedua virus tersebut.

(BACA JUGA:Penting Buat yang Besok Mulai Vaksin Dosis Ketiga, Ini Cara Daftar Vaksin Booster Covid-19)

Juru bicara resmi CDC, Jasmine Reed, telah memberikan konfirmasi kepada Reuters bahwa permintaan akan tes PCR semakin menurun seiring munculnya tes lain yang lebih canggih.

`
Kategori : Cek Fakta