Antisipasi Lonjakan Covid-19 Varian Omicron, Menkes Siapkan 80 Ribu Tempat Tidur Rumah Sakit


Virus Omicron-Alexandra_Koch-Pixabay

INFO MOJOKERTO – Menteri Kesehatan RI, Budi Gunandi Sadikin mengungkapkan jika sudah menyiapkan rumah sakit guna mengantisipasi kasus lonjakan Covid-19, khususnya untuk varian Omicron.

Terdapat 80 ribu tempat tidur rumah sakit yang telah disiapkan, akan tetapi jumlah masih dapat terus naik hingga 150 ribu.

"Pemerintah sudah menyiapkan rumah sakit, ada sekitar 80 ribu tempat tidur yang siap ditempati dan saat ini sudah terisi 3 ribu. Jadi kita masih punya ketersediaan banyak," ujar Budi yang dikutip Info Mojokerto di laman PMJ News pada Rabu (12/1).

Kemudian, Budi juga menerangkan bahwa pemerintah telah menyiapkan obat-obatan untuk perawatan pasien Covid-19 dan memastikan prokes tetap dilakuakan dengan baik.

"Kita juga menyiapkan obat-obatannya, ada 400 ribu molnuvirapir. Dalam hal ini kita juga memastikan protokol kesehatan yang baru untuk perawatan di rumah sakit," kata Budi.

(BACA JUGA:5 Alasan Bercinta di Pagi Hari, Ternyata Banyak Manfaatnya!)

Bukan hanya itu, saat ini sekitar 16 ribu lebih oksigen generator telah dikirimkan keseluruh rumah sakit di Indonesia dan 36 oksigen generator telah terkirim pada sejumlah rumah sakit diluar jawa.

"Langkah-langkah ini merupakan bentuk kewaspadaan dan siaga kita. Jadi tidak usah panik melihat kenaikan kasus nantinya, sebab kalau kita bersama kita semua pasti bisa," tegas Budi. (IM)

`
Kategori : Nasional