Korlantas Polri Siapkan Pemasangan Chip pada Plat Nomor Kendaraan, Begini Penjelasannya


Ilustrasi perubahan plat kendaraan dari hitam menjadi warna putih.-Tangkapan layar Instagram @divisihumaspolri-

INFO MOJOKERTO - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri sedang mempersiapkan aturan terkait pemasangan chip pada plat nomor kendaraan. Rencananya, Pemasangan chip tersebut akan berbasis teknologi.

"Kita akan mengarah ke aplikasi teknologi," kata Kepala Korlantas Polri, Firman Shantyabudi yang dikutip Info Mojokerto di laman PMJ News pada Rabu (12/1).

Meski demikian, Firman belum bisa membeberkan lebih lanjut terkait bagaimana mekanisme dan fungsi dari chip yang berbasis teknologi itu. Pihaknya menyebut teknis pemasangan chip masih dipersiapkan secara matang.

"Ini masih ada diskusi lebih lanjut untuk persiapannya (pemasangan chip pada pelat nomor kendaraan)," ungkapnya.

Sebelumnya, rencana pemasangan chip pada pelat nomor kendaraan ini merupakan tindak lanjut dari perubahan warna dasar pelat nomor menjadi putih dan angkanya yang berubah hitam sesuai dengan Perkap Kapolri Nomor 5 Tahun 2012 tentang Regident diubah menjadi Perpol Nomor 7 Tahun 2021.

(BACA JUGA:Aktor Layar Lebar Ardhito Pramono Ditangkap Terkait Dugaan Penyalahgunaan Narkoba Jenis Ganja)

Menurut Direktur Regident Korlantas Polri, Yusri Yunus nantinya nomor registrasi canggih itu bakal dipasang di mobil dan sepeda motor. Penanaman chip pada kendaraan ini bertujuan untuk mendorong penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

`
Kategori : Nasional
Sumber : pmj news