Cek Fakta : Benarkah Ada Pemadaman Listrik di Sejumlah Wilayah Indonesia Akibat Krisis Batu Bara? Ini Faktanya


Ilustrasi tambang batu bara-Pixabay/hangela-

INFO MOJOKERTO - Beredar di media sosial sebuah unggahan mengenai PLN yang mengalami krisis pasokan batu bara sehingga akan ada pemadaman listrik besar-besaran. Postingan tersebut dibagikan hingga ramai sejak pekan lalu.

Ada salah satu akun yang mengunggahnya di Facebook. Dalam akun tersebut terdapat postingan gambar berjudul "PLN Krisis Pasokan Batubara, Januari 2022 Dipastikan Padam." Unggahan tersebut juga memberikan keterangan mengenai daftar dan jadwal pemadaman listrik akibat krisis pasokan batu bara.

Faktanya, informasi pada unggahan yang mengklaim akan ada pemadaman listrik akibat krisis batu bara tersebut adalah tidak benar. Berita tersebut bukan informasi resmi yang dipublikasi oleh PT PLN (Persero).

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN, Agung Murdifi mengklarifikasi bahwa gambar berupa data yang terdapat pada unggahan adalah data lama.

Agung menegaskan bahwa saat ini kebutuhan batu bara sudah terpenuhi dan tidak ada pemadaman listrik seperti yang disebutkan pada unggahan.

(BACA JUGA:Cek Fakta : Benarkah WHO dan PBB Mengatakan Vaksinasi di Seluruh Dunia Harus Dihentikan? Ini Faktanya)

Lebih dari itu, PLN juga membuat siaran pers di website pln.co.id pada 5 Januari 2022 yang menjawab isu tersebut : "PT PLN (Persero) memastikan tidak ada pemadaman listrik akibat kritis pasokan energi primer. PLN terus berupaya menjaga stabilitas pasokan energi primer khususnya batu bara agar dapat memenuhi standar minimal 20 HOP (hari operasi) untuk seluruh pembangkit PLN maupun IPP usai terbitnya kebijakan strategis Pemerintah yang mengutamakan pemenuhan pasokan energi primer untuk kebutuhan nasional." (IM)

`
Kategori : Cek Fakta