Catat! Inilah Daftar Persyaratan, Biaya Perpanjangan, serta Buat SIM Baru 2022


Ilustrasi SIM-Polri.go.id-Polri.go.id

INFO MOJOKERTO - Bagi Masyarakat yang ingin membuat baru dan memperpanjang SIM di tahun 2022. Berikut daftar persyaratan dan biaya pembuatannya.

SIM merupakan bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan Polri kepada masyarakat yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, serta memahami peraturan lalu lintas dan trampil dalam mengemudikan kendaraan bermotor.

Surat Izin Mengemudi (SIM) menjadi salah satu tanda bukti lisensi bagi pengguna kendaraan bermotor dan telah lolos uji mengemudi dari kepolisian. Pengemudi atau pengendara diwajibkan untuk memperpanjang setiap lima tahun sekali.

Perpanjang SIM bisa dilakukan dalam dua cara, yaitu secara online maupun offline. Namun jika Anda ingin membuat SIM baru maka Anda diperlukan untuk datang langsung ke Polres terdekat, untuk melakukan pendaftaran dan mengikuti serangkaian ujian.

Jika ingin memperpanjang SIM namun tidak ingin keluar rumah, Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Korlantas Polri) memberikan cara mudah yang bisa Anda lakukan, yaitu melakukan perpanjangan SIM melalui online.

(BACA JUGA:Cek! Jadwal SIM Keliling Mojokerto Bulan Januari 2022)

Perpanjangan SIM melalui online dengan mengakses website digitalkorlantas.id atau download aplikasi “Digital Korlantas POLRI” di Google Playstore ataupun di Appstore smartphone anda.

Akan tetapi walaupun disediakan aplikasi online sebagian masyarakat masih ada yang ingin melakukan perpanjangan SIM secara manual.  Hal ini dikarenakan masyarakat ingin mendapatkan fasilitas secara optimal.

Berikut biaya dan persyaratan pembuatan serta perpanjangan SIM Januari 2022, dilansir dari Humas.Polri.go.id.

Biaya Perpanjang Sim 

Persiapkan juga uang untuk membayar biaya perpanjangan SIM. Biaya perpanjangan sudah masuk dalam Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia (PP 60/2016). 

Berikut biaya untuk perpanjangan SIM lama: 

Perpanjang SIM A Umum: Rp80.000,00. 

Perpanjang SIM A: Rp80.000,00. 

`
Kategori : Nasional