Perhatikan! Kenali Tanda-tanda Alam Terjadinya Tsunami, Dentuman Bisa Jadi Sinyal Kuat


Ilustrasi Tsunami-pixabay.com/schaferle-pixabay.com/schaferle

INFO MOJOKERTO - Pasca gempa berkekuatan 6,7 Magnitudo yang berpusat di Banten, ada berbagai bahasan terkait Tsunami yang mengancam tanah air. Diketahui, guncangan gempa tersebut terasa hingga Jabodetabek hingga kota lainnya.

Dilansir dari laman pusatkrisis.kemkes.go.id, tsunami merupakan sebuah bencana alam yang terjadi akibat adanya gempa, letusan gunung, hingga longsor yang berada di kedalaman laut dengan kekuatan tertentu, sehingga menyebabkan terdorongnya gelombang laut menuju daratan.

Mengingat bahaya dan besarnya dampak dari tsunami, maka penting untuk mengetahui tanda – tanda akan terjadinya tsunami. Berikut ini 4 tanda – tanda umum yang terjadi apabila tsunami akan datang menuju daratan :

1. Terasa adanya sebuah getaran atau gempa yang dapat dirasakan oleh masyarakat.

2. Terjadinya penyurutan air laut secara tiba – tiba 

3. Ketika proses berlangsungnya tsunami menuju daratan, terjadi suara seperti dentuman atau seperti suara pesawat dari arah laut.

4. Dari arah laut, terlihat adanya sebuah gelombang yang memiliki warna pekat dan sejajar dengan permukaan laut.

(BACA JUGA:BREAKING NEWS! Gempa Susulan Terasa di Tangerang Selatan Hingga Bandar Lampung)

Dengan memahami 4 tanda – tanda akan terjadinya tsunami, masyarakat diharapkan mampu melakukan evakuasi diri dan barang - barang berharga secepat mungkin sehingga angka kematian serta korban dari bencana tsunami tersebut dapat diminimalisir.

Apabila mengalami cedera fisik selama proses evakuasi dari tsunami tersebut, segera hubungi tenaga medis atau fasilitas kesehatan yang tidak terdampak untuk segera mendapatkan penanganan dan pengobatan. (IM)

`
Kategori : Nasional