Peneliti Temukan 7 Flora Baru di Indonesia, Apa Saja? Simak Namanya


Ilustrasi tanaman hias-photo by milivigerova-from Pixabay

INFO MOJOKERTO - Ada tujuh jenis flora yang ditemukan oleh para peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Tumbuhan tersebut ditemukan dari hutan belantara di Pulau Sumatra dan Sulawesi. Sebagian besar, flora baru itu berjenis Tanaman Hias dan berpeluang dikembangkan sebagai komoditas ekspor Indonesia. 

Melansir dari laman Indonesia.go.id pada Senin (24/1), pakar biodiversitas dari Departemen Silvikultur Fakultas Kehutanan IPB University, Cecep Kusmana menjelaskan bahwa Indonesia diperkirakan memiliki 25 persen dari spesies tumbuhan berbunga yang ada di dunia.

Indonesia berada di urutan ketujuh negara dengan spesies tumbuhan terbanyak di dunia, yakni 20.000 jenis. Namun, Conservation International menduga jumlahnya 28.000 jenis. Semua terungkap dari hasil penelitian pria kelahiran Sumedang 12 Februari 1961 itu di Jurnal Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan.

Dari jumlah jenis tumbuhan sebanyak itu, 40 persen di antaranya merupakan tumbuhan endemik atau asli Indonesia. Orchidaceae atau keluarga anggrek-anggrekan menjadi tumbuhan dengan jumlah terbanyak, mencapai 4.000 jenis.

(BACA JUGA:Jadwal Acara TV Trans, Selasa 25 Januari 2022 : Ada Bioskop Trans TV American Assassin dan Unlocked)

Kemudian ada keluarga jenis tumbuhan berkayu, Dipterocarpaceae dengan 386 jenis, Myrtaceae atau Eugenia serta Moraceae (Ficus) sebanyak 500 jenis. Ada pula famili Ericaceae (737 jenis), termasuk 287 jenis Rhododendrom dan 239 jenis Naccinium.

Ribuan spesies flora dari berbagai pelosok Indonesia tadi jumlahnya tentu semakin bertambah tiap tahunnya. Terlebih setelah di penghujung 2021 sebuah kejutan diumumkan oleh pihak Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

`
Kategori : Nasional