Umat Islam Wajib Tahu!! Ini Daftar Negara dengan Durasi Puasa Terpanjang dan Terpendek di Dunia


Wilayah di luar negeri dengan durasi puasa paling lama dan paling cepat-kirill_sobolev-Pixabay

INFO MOJOKERTO - Umat Muslim di seluruh dunia telah melaksanan ibadah Puasa Ramadan 1443 Hijriah yang dimulai sejak awal April ini.

Umat Islam ada yang memulai sejak hari Sabtu (3/4) dan ada juga yang jatuh pada hari Minggu lalu (4/4) hal ini tergantung di wilayahnya masing-masing dalam melihat hilal. 

Selama Ramadan, umat Muslim tidak makan ataupun minum dari fajar di Shadiq sampai matahari terbenam sepenuhnya di cakrawala. 

Oleh karena itu, setiap negara memiliki waktu puasa yang berbeda-beda, hal ini tergantung  dari durasi  awal kemunculan hingga terbenamnya matahari. 

Untuk itu waktu puasa di seluruh dunia sangatlah bervariasi dari satu negara ke negara lain dan terkadang memiliki waktu terlama, bahkan melebihi 16 jam. 

(BACA JUGA:Jadwal Imsak dan Buka Puasa Wilayah DKI Jakarta, Bogor, dan Tangerang Hari Rabu 6 April 2022)

Rata-rata waktu durasi puasa berkisar antara 12-13 jam, namun ada beberapa negara lain yang mendapat berkah dengan menjalani puasa hingga 20 jam.

Di Indonesia durasi waktu puasa berkisar sekitar 13-14 jam, sehingga durasi tersebut masih tergolong durasi pendek jika dibandingkan dengan negara lain.

Melansir dari laman Aljazeera durasi puasa akan terus mengalami perubahan di mana durasi puasa di belahan bumi utara akan terus mengalami pengurangan setiap tahunnya, hal ini juga berlaku sebaliknya untuk bagian bumi selatan

Pengurangan waktu puasa di belahan bumi utara akan berlanjut hingga titik balik matahari musim dingin 2032. 

Pada saat yang sama, setelah titik balik matahari musim dingin, waktu puasa akan meningkat lagi. 

`
Kategori : Internasional