Cara Cek Bansos BLT Minyak Goreng Rp300.000 Melalui Website dan Aplikasi


Ilustrasi minyak [email protected]

INFO MOJOKERTO - Pemerintah telah menyediakan Bantuan Langsung  Tunai (BLT) Minyak Goreng kepada masyarakat miskin, berikut cara cek bansos BLT Minyak Goreng melalui web dan aplikasi.

Blt Minyak Goreng ini merupakan program bantuan dari Kemensos dan juga program Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW).

Di mana penerima dari BLT minyak goreng ini merupakan masyarakat yang masuk dalam program Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Serta 2,5 juta untuk pedagang kaki lima (PKL) gorengan yang selama ini terimbas tingginya harga minyak goreng di pasaran.

Bantuan minyak goreng ini telah disalurkan mulai tanggal 4 hingga 21 April 2022 nanti, nantinya BLT minyak goreng ini akan berupa uang sejumlah Rp100.000,00 selama 3 bulan yaitu April, Mei, dan Juni.

(BACA JUGA:Terupdate! Ini Daftar Harga Minyak Goreng di Alfamart dan Indomaret Hari Ini 15 April 2022)

Pemerintah sendiri telah mencatat penerima bantuan sosial BLT minyak goreng . Anda dapat memeriksa apakah Anda terdaftar sebagai penerima BLT minyak goreng atau tidak dengan cara berikut: 

Mengutip dari akun Instagram resmi Kemendag (@kemendag) berikut cara mengetahui atau mengecek penerima BLT minyak goreng.

Cara cek penerima BLT minyak goreng melalui aplikasi Cek Bansos 

1. Unduh aplikasi ‘Cek Bansos’ secara resmi di Playstore 

2. Pilih menu cek bansos, lalu masukan data diri sesuai dengan KTP/KK

3. Klik ‘cari data’, apabila nama Anda tercantum maka Anda berhak mendapatkan bantuan BLT dari pemerintah, namun apabila nama Anda tidak terdaftar, Anda tidak berhak menerima bantuan tersebut.

Cara cek penerima BLT minyak goreng melalui website 

Dengan Anda mengecek melalui website sebenarnya ini tidak jauh berbeda dengan cara mengecek bantuan BLT minyak goreng melalui aplikasi

1. Buka situs cekbansos.kemensos.go.id 

2. Masukan nama penerima manfaat sesuai dengan KTP/KK 

(BACA JUGA:Kabar Gembira! Jokowi Minta BLT Minyak Goreng Cair Sebelum Lebaran, Begini Cara Mendaftarnya)

3. Ketik 8 huruf kode (dipisahkan spasi) sesuai yang tertera dalam kotak kode 

4. Kemudian klik tombol cari data

Cek langsung ke Dinas Sosial

Jika dirasa masih bingung dengan dua cara diatas, Anda bisa langsung mengunjungi Dinas Sosial terdekat untuk mengetahui Anda penerima BLT minyak goreng atau tidak.

Anda bisa menanyakan langsung kepada petugas, nantinya pihak Dinsos akan mencarai data Anda sesuai KTP/KK apakah Anda terdaftar dalam DTKS dan termasuk penerima BLT minyak goreng Rp300.000 atau tidak.

(IM)

`
Kategori : Nasional