5 Rekomendasi Wisata Candi di Mojokerto dengan Bangunan Kuno yang Bernilai Sejarah Tinggi


Candi Brahu-Perpusnas-Laman Resmi Perpusnas

INFO MOJOKERTO - Berikut ini merupakan 5 rekomendasi wisata bernilai sejarah  tinggi dengan mengunjungi candi di wilayah Mojokerto Jawa Timur, simak ada candi apa saja di bawah ini.

Mojokerto merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki warisan sejarah yang sangat banyak dengan bangunan candinya.

Candi sendiri merupakan bangunan prasasti yang digunakan sebagai tempat ritual untuk beribadah, seperti pemujaan dewa-dewi, ataupun penghormatan pada leluhur.

Banyak candi yang bisa Anda kunjungi sebagai tempat wisata, dan juga melestarikan budaya sejarah yang terkandung didalamnya. 

Simak dibawah ini candi-candi yang bisa Anda kunjungi di wilayah Mojokerto, Jawa Timur:

(BACA JUGA:Rekomendasi Cafe yang Hits dan Kekinian buat Nongkrong di Mojokerto)

1. Candi Tikus

Candi Tikus merupakan penginggalan kerajaan Majapahit dimana Pada tahun 1914, Candi Tikus ditemukan setelah terkubur dalam tanah. 

Candi ini muncul setelah laporan tentang miniatur candi di kuburan rakyat. Barulah antara tahun 1984 dan 1985 Candi Tikus dipugar sepenuhnya.

Nama “Tikus” di candi ini berasal dari nama yang dibuat oleh masyarakat sekitar. Ada sarang tikus di kuil yang ditemukan. Sampai saat ini candi tersebut dikenal dengan nama Candi Tikus.

Lokasi Candi Tikus berada sekitar 13 kilometer arah tenggara dari pusat kota, tepatnya di Dusun Dinuk di Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Candi Tikus terletak tidak jauh dari Candi Bajangratu, sekitar 600 m.

2. Candi Bajangratu

Candi Bajangatu merupakan candi yang memiliki bentuk seperti gapura di kerajaan Majapahit, yang lokasinya berada di Desa Temon Kec. Trowulan Mojokerto tak jauh dari Candi Tikus

Para sejarawan mengatakan bahwa candi Bajangratu ini memiliki hubungan dengan Raja di Majapahit yaitu Jayanegara. 

Selain itu pakar juga mengartikan bahwa candi ini berfungsi sebagai penghormatan untuk Raja Jayanegara dan di bawah dasar candi gapura ini menceritakan mengenai seluk beluk sejarahnya.

3. Candi Brahu

(BACA JUGA:5 Rekomendasi Tempat Makan di Mojokerto yang Dijamin Menggugah Selera)

Candi yang wajib anda kunjungi di Mojokerto adalah Candi Brahu yang situsnya berada di kawasan situs purbakala Trowulan yang dulunya merupakan ibu kota kerajaan Majapahit. 

Dulunya, Pura Bulahu ini diberi nama Menara Dewa oleh "Prasasti Alasatan". Bangunannya adalah bangunan bata merah kuno dengan panjang 22,5 meter dan lebar 18 meter.

Sedangkan dari ketinggian Candi Brahu sendiri mencapai 20 meter dan memiliki gaya arsitektur candi peninggalan Budha yang menurut para ahli dibangun pada abad ke-15 dan digunakan sebagai tempat kremasi.

Candi Brahu ini berlokasi di Jl. Candi Brah No.73, Siti Inggil, Bejijong, Kec. Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

4. Candi Jolotundo 

`
Kategori : Mojokerto Update