Dirjen Kementerian Perdagangan Terjerat Kasus Dugaan Suap Minyak Goreng, Menteri Perdagangan: Mendukung Proses Hukum


Mendag [email protected]

INFO MOJOKERTO - Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi mendukung proses hukum yang dilaksanakan Kejaksaan Agung terkait dugaan gratifikasi atau suap pemberian izin penerbitan izin ekspor minyak goreng.

Pernyataan tersebut dikeluarkan Mendag Lutfi menyusul penetapan status Direktur Jendral Kementerian Perdagangan IWW yang menjadi tersangka dalam konferensi pers kejaksaan agung pada Selasa (19/4).

"Kementerian Perdagangan mendukung proses hukum yang tengah berjalan saat ini. Kementerian Perdagangan juga siap untuk selalu memberikan informasi yang diperlukan dalam proses penegakan hukum," ujar Lutfi melalui keterangan tertulisnya pada Selasa (19/4).

Lutfi juga menekankan jajarannya agar pelayanan perizinan dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Mendag mendukung proses hukum jika terbukti terjadi penyalahgunaan wewenang. 

(BACA JUGA:Kuasa Hukum Bantah Mardani Tak Datang Hadiri Sidang Suap IUP Tanpa Alasan )

"Saya telah menginstruksikan jajaran Kemendag untuk membantu proses penegakan hukum yang tengah berlangsung karena tindak korupsi dan penyalahgunaan wewenang menimbulkan kerugian negara dan berdampak terhadap perekonomian nasional serta merugikan masyarakat," tuturnya.

Diketahui penyidik Jampidsus Kejagung menetapkan Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag berinisial IWW dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pemberian fasilitas ekspor Crude Palm Oil (CPO).

"Kami menetapkan tersangka 4 orang pejabat eselon 1 pada Kemendag berinisal IWW, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag telah terbitkan secara melawan hukum persetujuan ekspor terkait CPO dan produk turunnya," kata Jaksa Agung, Selasa (19/4).

`
Kategori : Nasional