Rekomendasi Wisata Religi di Mojokerto Jawa Timur Jelang Libur Lebaran


Makam Syekh Jumadil Kubro di Kompleks Makam Troloyo-instagram @roni_kroos-

INFO MOJOKERTO - Berikut ini merupakan rekomendasi wisata religi di Mojokerto, Jawa Timur yang bisa Anda kunjungi jelang libur lebaran.

Berbagai macam kegiatan yang bisa Anda lakukan dalam mengisi waktu libur Lebaran, salah satunya adalah dengan berwisata religi. 

Berwisata religi ini biasanya masyarakat banyak dengan mendatangi masjid, pondok pesantren, ataupun ziarah ke makam wali.

Sedangkan untuk tujuan dari adanya wisata religi ini adalah dengan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Yaitu dengan mengingatkan diri pada akhirat, menyegarkan rohani, membuka wawasan rohani mengenai sejarah penyebaran agama Islam dan perjuangan para wali dalam berdakwah.

(BACA JUGA:Intip 4 Rekomendasi Tempat Wisata di Mojokerto Jawa Timur yang Paling Populer)

Simak di bawah ini rekomendasi wisata religi di Mojokerto, Jawa Timur yang bisa Anda kunjungi:

1. Makam Syekh Jumadil Kubro (Makam Troloyo)


Makam Syekh Jumadil Kubro di Kompleks Makam Troloyo-instagram @roni_kroos-

Makam Syekh Jumadil Kubro terletak di Jalan Syech Jumadil Kubro, Troloyo, Kedaton, Sentonorejo, Kecamatan Trowulan, Mojokerto.

Wisata religi Makam Syekh Jumadil Kubro sering disebut Makam Troloyo oleh masyarakat sekitar.

Syekh Jumadil Kubro sendiri adalah nenek moyang dari Wali Songo. Semua orang terutama orang Muslim dan Jawa pasti mengenal Wali Songo.

Wali Songo merupakan ulama yang berjumlah Sembilan orang yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa.

Wali Songo yang merupakan keturunan dari Syekh Jumadil Kubro, yaitu Sunan Ampel, Sunan Drajat, Sunan Giri, dan Sunan Gunung Jati. Sedangkan Sunan Kalijaga adalah menantu dari Syekh Jumadil Kubro.

Selain itu, tak hanya terdapat makam dari Syekh Jumadil Kubro yang ada di kompleks pemakaman Troloyo, namun terdapat beberapa tokoh lain dan juga bangsawan Kerajaan Majapahit.

Diantaranya ada makam Syekh Maulana Ibrahim, Syekh Maulana Sekah, Sunan Ngudung yang merupakan ayah dari Sunan Kudus, Ra Ayu Anjasmara Kencanawungu, Pangeran Noto Suryo, Patih Noto Kusumo, Gajah Permodo, Naya Genggong, Sabdo Palon, Emban Kinasih, dan Polo Putro.

Biasanya Makam Troloyo akan sangat ramai dikunjungi pada malam Jumat Legi. Banyak masyarakat yang datang mengunjungi kompleks Makam Troloyo untuk mendoakan para leluhur.

Tak hanya ramai pengunjung saja namun di kawasan Makam Troloyo juga banyak pedagang. Makam Troloyo juga terkenal dengan kuliner jajanan “Pentol”.

(BACA JUGA:5 Rekomendasi Wisata Air Terjun di Mojokerto Jawa Timur yang Lagi Hits 2022)

Jika, berkunjungi di Makam Troloyo tak lengkap rasanya jika tak membeli pentol celup di sekitaran Makam Troloyo.

2.  Makam Panjang


Makam panjang di Trowulan-instagram @letsgetl0st__-

Makam Panjang terletak di Dusun Unggah-unggahan Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Mojokerto. Hingga saat ini Makam Panjang masih dikeramatkan oleh masyarakat desa.

Di Makam Panjang ini terbuat dari batu gilang dengan ukuran 50 x 35 cm dan memiliki ketebalan 10 cm.

Untuk bangunan jiratnya adalah bangunan baru. Sedangkan peninggalan kuno yang ada di Makam Panjang yaitu sebuah prasasti yang dianggap batu nisan oleh masyarakat.

`
Kategori : Mojokerto Update