Ikut Memperingati Hari Bumi, Google Tampilkan Timelapse Perubahan Iklim Dunia


Pixabay ILustrasi Bumi-Pixabay ILustrasi Bumi-Pixabay ILustrasi Bumi

INFO MOJOKERTO – Google tampaknya ikut memperingati Hari Bumi Tahun 2022 ini. Kali ini, Google menyambut Hari Bumi dengan menampilkan timelapse perubahan iklim yang diambil dari empat tempat di Bumi.

Dari timelapse tersebut, perubahan iklim di bumi selama ini terlihat sangat memprihatinkan, bahkan juga tampak mengerikan.

Google menampilkan timelapse perubahan iklim dengan mengambil dari berbagai sumber, seperti citra real time dari Google Earth Timelapse dan sumber lainnya. 

Dari timelapse perubahan iklim yang disuguhkan oleh Google, Anda dapat melihat gambaran bumi di empat tempat yang telah ditentukan akan berubah setiap beberapa jam kemudian.

Sedangkan untuk empat tempat yang dipilih Google untuk ditampilkan adalah sebagai berikut:

1. Sermersooq di Greenland

Dalam timelapse di Sermersooq ini, Google menampilkan perbandingan kondisi gletser di wilayah Semersooq pada tahun 2000 dan 2022. Perubahannya pun tampak sangat jelas dan memprihatinkan.

(BACA JUGA:Rekomendasi Wisata Religi di Mojokerto Jawa Timur Jelang Libur Lebaran)

2. Hutan Harz di Jerman

Kerusakan yang terjadi di Hutan Harz, Jerman pun juga tampak memprihatinkan. Hijaunya pepohonan tampak lebih sedikit. Sebenarnya, hutan ini mengalami kerusakan diakibatkan oleh serangan kumbang kulit kayu. Namun, terjadinya hal ini tidak lain adalah karena kenaikan suhu dan parahnya kekeringan.

3. Gunung Kalimanjoro di Tanzania

Kali ini, Google menampilkan keadaan puncak Gunung Kalimanjoro yang berada di Afrika. Google memperlihatkan perubahan dari tahun 1960, yang puncaknya masih banyak diselimuti salju. Namun, pada tahun 2022 ini, salju Nampak semakin menipis.

4. Great Barrier Reef Australia

Warna koral yang ada di Lizard Island, Australia tampak berubah akibat perubahan iklim yang terjadi. Padahal gambar tersebut, diambil hanya dalam waktu beberapa bulan saja, yakni Maret hingga Mei 2016.

(IM)

 

`
Kategori : Internasional