Mendagri Rilis Aturan Kegiatan Halalbihalal, Jumlah Tamu Dibatasi Salah Satunya


Mentri Dalam Negeri Tito Karnavian-Setkap.go.id-Web

INFO MOJOKERTO - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian merilis surat edaran (SE) terkait peraturan kegiatan halalbihalal. Salah satu hal yang diatur adalah jumlah tamu yang terbatas.

SE yang ditujukan kepada seluruh kepala daerah ini dinilai penting mengingat tingginya antusiasme pemudik yang akan merayakan Idul Fitri dan libur cuti bersama di kampung halaman.

Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kemendagri, Safrizal ZA mengatakan surat edaran tersebut telah diterbitkan tanggal 22 April 2022 dengan nomor 003/2219/SJ.

"SE ini secara spesifik diterbitkan dalam rangka memberikan atensi terhadap kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan, yang tentunya sejalan dengan pengaturan dalam Inmendagri PPKM," kata Safrizal dalam keterangannya yang dikutip Tim Info Mojokerto, Sabtu (23/4) dari laman PMJ News.

Menurutnya, SE ini dibuat sebagai panduan kebijakan kepada gubernur dan bupati/wali kota untuk memberikan atensi pelaksanaan halalbihalal di daerahnya masing-masing. Aturan tersebut juga disesuaikan dengan level PPKM daerah kabupaten/kota.

(BACA JUGA:DPR Akan Panggil Mendag Minggu Depan, Puan : Tanya Carut Marut Minyak Goreng, Kenapa Bisa Seperti Ini?)

"Jumlah tamu yang dapat hadir pada acara halalbihalal adalah 50 persen dari kapasitas tempat untuk daerah yang masuk kategori Level 3. Daerah yang masuk kategori Level 2 sebesar 75 persen dan 100 persen untuk daerah yang masuk kategori level 1," papar Safrizal.

Melalui SE ini, kata Safrizal, pemerintah daerah diminta untuk membuat peraturan lebih lanjut di daerahnya masing-masing.

Pihaknya menekankan ketentuan tersebut berkaitan dengan memperkuat pelaksanaan protokol kesehatan, sekurang-kurangnya memakai masker, mencuci tangan serta selalu menjaga jarak.

"Tak lupa untuk terus berkolaborasi dengan unsur Forkopimda, tokoh agama dan masyarakat, sehingga penerapannya dapat berjalan optimal di lapangan," pungkasnya.

(IM)

`
Kategori : Nasional