Menko PMK Minta Pemudik Pulang Lebih Awal, Jasa Marga: Segini Prediksi Kendaraan yang Lewat Tol Saat Mudik


Menko PMK Muhadjir [email protected]_effendy-

INFO MOJOKERTO - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy meminta masyarakat bagi yang ingi mudik untuk pulang lebih awal. 

Muhadjir meyakini hal itu adalah untuk meminimalisir kemacetan lalu lintas yang padat saat arus mudik Lebaran 2022. 

Pasalnya, kemacetan diperkirakan akan terjadi pada jalur arteri Utara, Tengah, maupun Selatan dan pada jalur tol. 

“Manfaatkan rentangan mudik yang panjang. Jangan ramai-ramai (berangkat) saat puncak mudik,” ujar Muhadjir usai rapat koordinasi persiapan mudik di Kantor Jasa Marga Pasteur, Kota Bandung, Sabtu (23/4).

Dengan begitu, Muhajir mengimbau masyarakat untuk pulang lebih awal agar tidak terjadi lonjakan jumlah orang yang kembali ke sekolah. 

(BACA JUGA:Mudik Gratis Lebaran 2022! Inilah Link dan Persyaratan Pendaftaran dari Kemenhub)

Ini meminimalkan kemacetan lalu lintas yang diharapkan. Muhadjir juga mengimbau masyarakat untuk mempersiapkan diri semaksimal mungkin dalam segala aspek sebelum pulang kampung, termasuk perilaku mereka dalam perjalanan dan di tempat tujuan.

“Mengantisipasi peristiwa bencana, kami pun memberikan edukasi terhadap para pemudik agar berperilaku mudik sehat dan aman, sehingga mudik ini menghasilkan manfaat,” tambahnya.

Sedangkan PT. Jasa Marga pun juga memprediksi bahwa sebanyak 4,96 juta kendaraan akan melewati jalan tol selama arus mudik dan balik pada liburan Idul Fitri 1443 Hijriah. 

“Kami memprediksi jumlah kendaraan yang keluar wilayah Jabodetabek pada H-7 sampai dengan H+7 Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah atau periode 25 April sampai 10 Mei 2022 sebanyak 2,56 juta kendaraan. Angka ini naik 80% dari jumlah kendaraan pada periode yang sama di Lebaran 2021,” Ujar Heru dalam keterangan resminya, Sabtu (23/4).

Potensi peningkatan tersebut diperkirakan akan terjadi di empat Gerbang, dimana di antaranya adalah Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikupa (arah Merak).

(BACA JUGA:Begini strategi Pemerintah dalam Mengendalikan Lonjakan Mudik Lebaran 2022)

“Sedangkan untuk prediksi jumlah kendaraan yang akan masuk ke wilayah Jabodetabek pada periode yang sama adalah sebanyak 2,39 juta kendaraan, atau naik 69,7% dari Lebaran tahun lalu,” tuturnya.

(IM)

`
Kategori : Nasional