Perlu Dicatat! Ini Daftar Nomor Telepon Darurat yang Penting untuk Diketahui Saat Mudik Lebaran 2022


Ilustrasi Call Center-diana.grytsku-freepik

INFO MOJOKERTO - Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan mudik pada libur Idul fitri tahun ini, adakalanya Anda perlu mencatatat informasi nomor telepon penting jika Anda berada dalam kondisi darurat.

Pemerintah telah resmi mengumumkan libur cuti bersama Idul Fitri 1443 H pada tahun 2022 ditengah masa pandemi Covid-19.

Penetapan libur nasional hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah ini jatuh pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022 dan juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri yang jatuh pada 29 April, 4, 5, dan 6 Mei 2022. 

Dalam persiapan mudik lebaran 2022 ini, banyak hal yang harus Anda perhatikan seperti mengemas keperluan mudik, mengecek daftar mobil ganjil genap, dan mengecek kondisi mobil pribadi yang hendak digunakan.

Tak hanya itu ada baiknya Anda perlu mengetahui hal ini apabila Anda dalam keadaan darurat seharusnya tahu mesti menghubungi siapa dalam berbagai macam situasi demi mendukung kelancaran mudik Anda.

(BACA JUGA:Menko PMK Minta Pemudik Pulang Lebih Awal, Jasa Marga: Segini Prediksi Kendaraan yang Lewat Tol Saat Mudik)

Meskipun arus mudik saat ini sudah dipantau oleh pihak berwajib, namun adakalanya Anda perlu untuk mencatat nomor-nomor penting yang bisa Anda hubungi dalam keadaan darurat saat mudik lebaran 2022.

Berikut ini 10 nomor telepon penting saat situasi darurat untuk pemudik: 

Kemenhub: 151 

Pemadam kebakaran: 113 

BBM Pertamina: 135 

Polresta Bandara Soetta: 08119909110

Ambulans/Kemenkes: 119 

Jasa Marga: 14080 

Kepolisian: 110 

Basarnas: 115 

(BACA JUGA:Persyaratan Mudik Lebaran 2022 Ada Tambahan Terbaru! Ada Apa Saja? Cek Syaratnya di Sini )

BNPB: 117 

PUPR: 158 

Nomor tersebut biasanya akan terhubung ke operator masing-masing instansi tersebut, nantinya operator akan meneruskan panggilan kepada petugas lapangan terdekat untuk segera menanggulangi apa yang masyarakat butuhkan secara cepat.

"Daftar nomor penting yang perlu kawan simpan dalam keadaan darurat," tulis Polda Metro Jaya dilansir dari Instagram resmi, pada Senin (25/4).

Itulah nomor-nomor penting yang perlu pemudik catat jika Anda berada dalam kondisi darurat atau dalam berbagai situasi lainnya. Semoga Bermanfaat! 

(IM)

`
Kategori : Nasional