PPKM Luar Jawa dan Bali Diperpanjang Lagi, Apa saja Aturan Terbarunya?


ilustrasi lockdown-Queven-pixabay

INFO MOJOKERTO - Pemberlakuan Pembatasan KegiatanMasyarakat (PPKM) untuk menekan penyebaran virus corona Covid-19 di wilayah luar Jawa-Bali kembali diperpanjang.

Aturan perpanjangan PPKM di wilayah luar Jawa dan Bali tersebut akan dimulai pada tanggal 26 April hingga 9 Mei 2022 mendatang.

Sedangkan keputusan tersebut diambil berdasarkan Instruksi Menteri Dalam negeri (Inmendagri) Nomor 23 Tahun 2022,  Dirjen Bina Adwil Safrizal menyatakan tercatat bahwa ada 131 daerah yang masuk PPKM level 1.

"Luar Jawa Bali saat ini juga kita lihat kondisinya semakin membaik, dimana jumlah daerah pada Level 1 sudah meningkat hingga 131 daerah," ujar Safrizal dalam keterangan tertulis, Selasa (26/4).

Sedangkan PPKM Level 2 terjadi penurunan dimana terdapat 216 daerah dari yang sebelumnya 259 daerah.

(BACA JUGA:Cair April! Simak Cara Cek Penerima BLT Minyak Goreng dari Pemerintah)

Tak hanya itu, penurunan level juga terjadi pada daerah PPKM Level 3 dimana dari yang sebelumnya 43 daerah menjadi 39 daerah saja. 

Pemerintah juga telah mencatat bahwa sudah tidak ada lagi daerah di luar Jawa-Bali yang masuk PPKM ke dalam Level 4 di beberapa pekan terakhir.

Di bawah ini adalah aturan PPKM level 1-3 di luar Jawa-Bali yang akan berlaku dalam dua minggu ke depan

PPKM Level 3, Level 2, level 1

Daerah yang terdampak PPKM Level 3 luar Jawa-Bali, akan diizinkan beroperasi sebesar 50 persen dimulai Pukul 10.00 hingga 21.00 waktu setempat.

(BACA JUGA:Begini strategi Pemerintah dalam Mengendalikan Lonjakan Mudik Lebaran 2022)

Sementara pada zona PPKM Level 2 akan diizinkan beroperasi sebesar 75 persen dengan jam operasi maksimal pukul 22.00 waktu setempat. 

Sedangkan untuk kebijakan 100 persen diterapkan bagi daerah PPKM Level 1 di luar Jawa-Bali dengan jam operasi hingga pukul 22.00 waktu setempat.

Hal ini berlaku untuk Aktivitas di Mall, Work Form Office (WFO), Tempat Ibadah, Bioskop, Area Publik dan Taman, Tempat Gym atau Fitness dan Kegiatan Seni di Fasilitas Umum.

Sedangkan untuk acara hajatan atau resepsi untuk zona daerah level 3 dan level 2 diadakan dengan maksimal sebesar 50 persen dari kapasitas ruangan dan tidak mengadakan makan di tempat dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat. 

Sedangkan untuk zona daerah PPKM Level 1 sudah bisa memberlakukan resepsi dengan kapasitas maksimal sebesar 75 persen dari besaran ruangan.

(IM)

`
Kategori : Nasional