Hukum Salat Idul Fitri di Rumah, Begini Tata Cara Mengerjakannya


Ilustrasi Sholat Ied-Chattrapal (Shitij)-pexels.com

INFO MOJOKERTO - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, banyak dari sebagian orang yang bertanya bagaimana hukum sholat Ied di rumah, untuk itu simak hukum dan cara mengerjakannya di bawah ini.

Selama pandemi Covid-19 masih berlangsung, sebagian orang masih menerapkan sebagian aktivitasnya hanya di rumah.

Alasannya adalah karena banyak dari masyarakat yang masih meyakini bahwa covid-19 masih saja bisa menyebar kapan saja dan dimana saja.

Penyesuaian dengan kebiasaan baru juga berlaku untuk ibadah, bahkan shalat berjamaah dilarang di daerah yang masih dengan tingkat penularan yang tinggi.

Sholat berjamaah bisa menimbulkan keramaian dan berpotensi menyebarkan virus, dengan begitu  masih banyak orang yang bertanya-tanya soal salat Idul Fitri di rumah. 

(BACA JUGA:Begini Hukum Vaksinasi dan Tes Swab Covid-19 pada Saat Puasa di Bulan Ramadan)

Melansir NU Online, salat Idul Fitri yang biasanya dilakukan di masjid, musholla atau di alam bebas, dapat dipindahkan ke rumah masing-masing jika terjadi keadaan darurat. 

Dimungkinkan juga untuk mengurangi jumlah jemaah dengan hanya melibatkan anggota keluarga.

Lalu bagaimanakah hukum sholat Ied dirumah? Dalam kitab Imam An-Nawai bahwa sholat Ied bisa dilakukan rumah.

Dalam situasi yang kritis ini merupakan sebuah uzur yang bisa memberikan keringanan dalam beribadah karena memang tidak ada pilihan lain dan menjadi keharusan untuk menjaga jarak dari kerumunan.

Uzur yang dimaksudkan seperti hujan, tanah belok/berlumpur, situasi mencekam (khauf), cuaca dingin, dan uzur pembatasan sosial dalam mencegah covid-19.

Hal ini sejalan dengan kewajiban umat muslim dalam melindungi diri dari uzur. Dalam surat Al-Maidah ayat 32 disebutkan bahwa barang siapa yang mempertahankan hidup satu manusia seolah dia memberi hidup kepada semua manusia.

Selain itu Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah mengeluarkan Fatwa Nomor 28 Tahun 2020 mengenai Panduan Kaifiat Takbir dan Salat Idul Fitri Saat Pandemi Covid-19.

Berdasarkan penjelasan dalam fatwa tersebut, tertulis bahwa salat Ied Fitri ataupun Adha boleh dilaksanakan di rumah dengan dilakukan secara berjamaah atau secara pribadi (munfarid) di saat penyebaran Covid-1 yang masih belum terkendali.

Untuk itu masyarakat juga perlu mengingat bahwa dengan melakukan salat berjemaah untuk menghindari kerumunan merupakan tindakan pencegahan agar tidak menyebarkan virus corona. 

Berikut tata cara sholat Idul Fitri di rumah:

(BACA JUGA:Sikat Gigi di Siang Hari Saat Bulan Puasa, Bagaimana Hukumnya?)

1. Baca Niat Sholat Idul Fitri

Niat sholat Idul Fitri untuk menjadi imam

Usholi sunnatan 'idilfitri rak'ataini imaman lillahi taala

Artinya:

"Aku berniat sholat sunnah Idul Fitri dua rakaat sebagai imam karena Allah Taala"

`
Kategori : Oase