Sekitar 14 Juta Orang Pulang Kampung, Pemudik Menggunakan Motor Naik 4 Kali Lipat


Ilustrasi Mudik-AhnTuan Do-pexels.com

INFO MOJOKERTO - Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombespol Sambodo Purnomo Yogo memprediksi sebanyak 14 juta orang di wilayah Jabodetabek pulang kampung pada tahun ini.  

Prediksi tersebut berdasarkan data sebanyak 4,2 juta orang menggunakan mobil pribadi sedangkan yang menggunakan roda dua sekitar, 2,8 juta orang. Sisanya, menggunakan transportasi umum.

Sambodo mengungkapkan, pemudik yang menggunakan sepeda motor meningkat empat kali lipat pada mudik Lebaran 2022. Tercatat, ada 201.352 pemudik motor keluar Jakarta.

"Ya, total ada 201.352 sepeda motor (meninggalkan wilayah Jakarta)," kata Sambodo dalam keterangan tertulis yang dikutip Tim Info Mojokerto dari laman PMJ News, Kamis (28/4).

Dia juga menambahkan jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor yang terpantau melewati Kedungwaringin ke arah Karawang. 

(BACA JUGA:Siap-siap! Ini 10 Tips Mudik Aman dan Sehat Dari Polri )

"Untuk pemudik sepeda motor, Senin (25/4) yang lewat Kedungwaringin yang ke arah Karawang itu hanya 15 ribu kendaraan. Selanjutnya pada 26 April 2022, jumlahnya mencapai 61 ribu kendaraan sepeda motor yang melintas," paparnya.

Menurut Sambodo, jumlah tersebut menunjukkan adanya kenaikan dalam satu hari.

"Dengan kondisi itu, bisa dikatakan kalau kenaikannya terjadi dalam satu hari mencapai empat kali lipat. Gelombang pemudik motor sudah meninggalkan Jakarta jelang H-4 lebaran Idul Fitri. Salah satu titik rute pemudik melintasi jalur Pantura Cirebon," imbuhnya.

(IM)

`
Kategori : Nasional