Kemenag Gelar Sidang Isbat 1 Syawal 1443 H, Ini Jadwal dan Link Live Streaming untuk Menentukan Lebaran 2022


Sidang isbat-Laman Resmi Kementerian Agama Republik Indonesia-kemenag.go.id

INFO MOJOKERTO - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag)  telah mengatur jadwal sidang isbat 1 Syawal 1443 Hijriah pada lebarang 2022 mendatang.

Sidang isbat tersebut akan menentukan kapan sholat Ied akan dilaksanakan, hal tersebut berdasarkan hasil dari pengamatan melalui metode rukyatul hilal.

Sebelumnya dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) tercatat hari libur nasional dan cuti bersama dan lebaran 2022 yang jatuh pada tanggal 2-3 Mei.

Hal tersebut menunjukan bahwa hari Raya Idul Fitri akan jatuh pada hari Senin (2/5), namun hal tersebut belum dipastikan sesuai.

Walupun telah tercantum dalam kalender nasional, umat islam tetap harus mengikuti keputusan berdasarkan sidang isbat untuk memastikan hari Raya Idul Fitri akan jatuh pada tanggal berapa.

(BACA JUGA:Inilah Cara Membayar Fidyah Puasa Ramadan Lengkap Berserta dengan Niatnya)

Kemenag telah menetapkan bahwa sidang isbat akan dilaksanakan pada hari Minggu yang jatuh pada 1 Mei 2022 mendatang.

Hal ini juga telah disampaikan oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kemenag, Adib bahwa pihak mereka juga memastikan keterlibatan ormas-ormas Islam dan duta besar negara sahabat saat sidang Isbat.

“Kita mengundang ormas Islam untuk mengikuti sidang isbat awal Syawal 1443 H yang akan digelar pada 1 Mei 2022, Kita undang juga duta besar negara-negara sahabat," ujar Adib dalam keterangan resminya pada Kamis (28/4).

Adib juga menyebutkan bahwa sidang isbat awal Syawal 1443 H akan digelar secara hybrid atau kombinasi daring dan luring. 

Sidang isbat digelar secara luring, sidang isbat akan digelar di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kemenag RI, Jakarta.

(BACA JUGA:Daftar Vaksin Covid-19 yang Halal untuk Umat Muslim, Ada Apa Saja?)

"Peserta yang diikuti secara daring akan kami fasilitasi melalui zoom," tambahnya.

Jika perkiraan ini tepat seperti dalam kalender nasional, maka hari Raya Idul Fitri akan jatuh pada tanggal 2 Mei 2022 bertepatan dengan hari Senin. 

Yang mana artinya perayaan lebaran 2022 ini akan sama dengan keputusan yang telah dikeluarkan oleh pihak Muhammadiyah.

Muhammadiyah sendiri telah menetapkan lebaran 2022 nantinya akan jatuh pada tanggal 2 Mei 2022 sejak awal Ramadhan 2022.

Namun sebelum sidang isbat dilaksanakan dan menentukan lebaran 2022 jatuh pada tanggal berapa.

`
Kategori : Nasional