Jadi Penyebab Macet Panjang, Kemenhub Imbau Pemudik Patuhi Aturan Rest Area Maksimal 30 Menit


Ilustrasi macet --pixabay - traffic-jam-g81510a2a9

INFO MOJOKERTO - Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengungkapkan penyebab dari macet panjang yang terjadi di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) sampai Tol Cikampek. 

"Rest area di Tol Cipali, khususnya tadi yang menimbulkan kemacetan panjang dan ini dampaknya sampai ke Tol Cikampek," ujar Aditia dalam keterangannya yang dikutip dari laman PMJ News, Kamis (28/4).  

Meski demikian, Aditia menambahkan bahwa kondisi lalu lintas yang melewati pemudik di Tol Cikampek dan Cipali saat ini sudah terurai.

"Sekali lagi sekarang sudah diatasi dan tentu nanti penanganan rest area akan menjadi prioritas juga khususnya nantinya di rest area yang lain," imbuh Aditia.  

Mengingat pentingnya hal tersebut, Aditia mengimbau kepada seluruh pemudik supaya mematuhi aturan saat berada di rest area, yaitu dibatasi maksimal 30 menit saja. 

(BACA JUGA:Sekitar 14 Juta Orang Pulang Kampung, Pemudik Menggunakan Motor Naik 4 Kali Lipat)

"Ini untuk menghindari penumpukan dan juga bisa lebih lancar perjalanannya karena tidak terjadi di antrean masuk yang itu kemudian memakan bahu jalan," jelas Aditia.

Menurutnya, jika banyak kendaraan pemudik yang istirahat di bahu jalan, maka berpotensi mengakibatkan kemacetan lalu lintas.

Aditia juga mengimbau para pemudik untuk menggunakan fasilitas yang sudah disediakan sesuai kebutuhan seperti portable toilet dan mempercepat waktu di rest area. 

(IM)

`
Kategori : Nasional