Dijadwalkan Mulai Besok 3 Wilayah Ini Wajib Ganti Siaran dari TV Analog ke Siaran TV Digital, Mana Saja?


ilustrasi menonton televisi-Karolina Grabrowska-pexels

INFO MOJOKERTO - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan menerapkan rencana program Analog Switch Off (ASO) pada tahap pertama di tiga wilayah, Sabtu (30/4).

Dengan begitu, warga di beberapa wilayah yang termasuk dalam tahap pertama ini mulai besok sudah tidak bisa lagi menikmati siaran TV analog.

"Sesuai jadwal yang ditetapkan Kominfo, penghentian tetap siaran analog TV akan dimulai pada 30 April 2022 jam 24:00 atau besok malam," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, dalam konferensi pers Kick Off ASO tahap I yang digelar secara virtual, Jumat (29/4).

Ketiga wilayah yang dimaksud yaitu wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua Barat dan Riau. 

Untuk Lebih rincinya, wilayah penghentian siaran TV analog di NTT mencakup dua wilayah yaitu NTT-3 dan NTT-4, terdiri dari Kabupaten Timor Tengah Utara, Belu dan Malaka.

(BACA JUGA:Jangan Salah Pilih! Ini Daftar 17 Merek dan Tipe Set Top Box ‘STB’ Bersertifikat Resmi Kominfo 2022)

Kemudian pada wilayah selanjutnya yaitu Papua Barat-3, meliputi kota Sorong dan Kabupaten Sorong. 

Sementara untuk di wilayah Riau, wilayah yang paling efektif untuk dihentikan pada siaran TV analog yakni Riau-4, yang mana meliputi Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis dan Kepulauan Meranti. 

Sedangkan untuk tahap kedua akan berlangsung di tiga wilayah kabupaten di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) yakni Kabupaten Timor Utara, Kabupaten Beru dan Kabupaten Malaka, serta Kabupaten Penyiaran Papua Barat dan Kota Sauron di Kabupaten Solomon City.

Johnny mengharuskan orang yang TV-nya tidak dapat menerima siaran digital untuk segera mengganti dan menggunakan Set Top Box (STB) untuk menangkap siaran TV Digital.

Sedangkan untuk masyarakat miskin, STB dan penyambungnya akan disediakan oleh LPP TVRI dan 6 LPS yaitu MNC Grup, Media Grup, SCM Grup, Viva Grup, Trans Media Grup, RTV Grup dan Nusantara TV.

(BACA JUGA:Begini Caranya Nonton TV Siaran Digital Tanpa Perlu Set Top Box 'STB')

Bagi Anda yang membeli STB secara mandiri, berikut cara pemasangan STB sendiri di rumah, dilansir dari laman resmi Kemenkominfo :

1. Siapkan dan pasang antena TV

Langkah pertama adalah dengan menyiapkan antena TV untuk menangkap siaran TV analog, baik yang berada di luar ataupun antena yang di dalam rumah. Kemudian pasang antena TV tersebut.

2. Perhatikan kabel panel dan port Set Top Box

Langkah kedua yang bisa Anda perhatikan adalah  kabel panel,  port pada set top box dan panel yang terdapat di bagian belakang TV.

`
Kategori : Nasional
Sumber : kominfo.go.id