Pecinta Sejarah Wajib Tahu ! Inilah 5 Rekomendasi Candi Bersejarah di Kota Mojokerto yang Wajib Anda Kunjungi, Candi Tikus Salah Satunya!


Tangkapan Layar Candi Bajang Ratu-Traveloka.com-Traveloka.com

INFO MOJOKERTO - Mojokerto dikenal sebagai kota yang penuh sejarah, terlebih peninggalan-peninggalan kerajaan Majapahit.

Banyak candi, prasasti hingga petilasan-petilasan yang berjaya pada masanya.

Candi merupakan sebuah bangunan yang digunakan sebagai tempat ibadah, ritual, pemujaan dan penghormatan pada leluhur.

Dikota Mojokerto, Anda dapat menemukan banyak sekali tempat wisata sejarah, berupa candi.

Penasaran apa saja candi yang ada Di Mojokerto, simak dibawah ini candi-candi yang bisa Anda kunjungi di wilayah Mojokerto, Jawa Timur:

(BACA JUGA:Wisata Batu Jengger Mojokerto Cocok untuk Anda Penikmat Alam dan Pendaki Pemula)

1. Candi Jolotundo 


Petirtaan Jolotundo-Foto: Disparpora Kab. Mojokerto-

Candi satu ini merupakan salah satu candi yang paling terkenal di Mojokerto, candi ini tingginya mencapai 800 meter di atas permukaan air laut dan menyimpan sejarah dari peninggalan Raja Udayana Bali. 

Kualitas air di kawasan Candi Jolotunda adalah yang kedua di dunia, disusul dengan sumber air Zam-zam.

Kepopuleran candi Jolotundo tidak lepas dari sumber mata airnya yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan dikabarkan dapat membuat awet muda. 

Struktur candi Jolotundo memiliki dua tempat pemandian yang terbuat dari batu, sehingga sumber air candi Jolotundo mengalir dari lubang tengah di sisi timur.

Candi Ini berlokasi di di Dukuh Balekambang, Desa Seloliman, Kecamatan Trawas. Lokasi candi dapat ditempuh kurang lebih 55 kilometer dari kota Surabaya.

2. Candi Gapuro Wringin Lawang

Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-14 dan memiliki bangunan gerbang besar yang pernah dianggap sebagai gerbang masuk Mahapatih Gajah Mada. 

Nama Gapura wringin ini sendiri memiliki arti sebagai pintu beringin, yang dulunya dibuat dari bahan batu merah yang luasnya mencapai 13 x 11 meter, sedangkan tinggi gapura wringin mencapai 15,5 meter.

Gerbang Wringin Lawang terletak di Dusun Wringin Lawang, Desa Jati Pasar, Kec. Trowulan, Mojokerto.

`
Kategori : Mojokerto Update