3 Rekomendasi Masjid Ikonik di Mojokerto untuk Sholat Idulfitri


Ilustrasi masjid --Pixabay.com/aditya_wicak

INFO MOJOKERTO - Pemerintah telah mengizinkan masyarakat Indonesia untuk melaksanaan sholat Ied pada Hari Raya Idul Fitri 1443 H untuk digelar di masjid, mushola maupun di lapangan.

Bagi Anda umat islam yang saat ini berkunjung atau berada di wilayah Mojokerto Jawa Timur dan ingin melaksanakan sholat Ied 1 Syawal 1443 H di masjid.

Berikut Info Mojokerto merangkum rekomendasi masjid ikonik di wilayah Mojokerto Jawa Timur yang bisa Anda datangi untuk melakasanakan sholat Idul Fitri.

1. Masjid Agung Al Fattah


Masjid Al Fattah Mojokerto--web.mojokertokota.go.id

Tempat ibadah bagi umat muslim yang pertama ini merupakan masjid ikonik di kota Mojokerto dikarenakan umurnya yang telah seabad lebih dan memiliki interior yang mewah.

Masjid yang berlokasi di sebelah barat Alun- alun kota Mojokerto lebih tepatnya di jalan Kelurahan Kauman, Prajurit Kulon ini mampu menampung hingga lebih dari 5 ribu jemaah.

(BACA JUGA:Pemerintah Telah Menetapkan 1 Syawal 1443 H Jatuh Pada 2 Mei 2022, Cek Hasilnya)

Masjid Agung Al Fattah ini dibangun pada masa kolonial Belanda dan telah berumur 143 tahun.

Jika dilihat dari bangunan utamanya masjid ini meniru gaya Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi. 

Mulai dari kubahnya, menara, serambi hingga bagian dalam masjid, bahkan bagian atap teras masjid ini juga dibuat dari pelat kuningan dengan warna emas. 

Dan tak lupa di setiap bagiannya juga diukir dengan kalimat 'Muhammad Rasulullah' dalam Bahasa Arab.

2. Masjid Darussalam


Tangkapan Layar Masjid Darussalam mojokerto-Firdaus Random Railfans-youtube.com

Tempat ibadah umat muslim yang kedua untuk melaksanakan sholat Idul Fitri adalah di Masjid Darussalam.

Di mana masjid ini merupakan tempat ibadah tertua di bumi majapahit yang berdiri di Jalan Raya Gemekan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto , Jawa Timur.

Kabarnya masjid ini telah berdiri sejak jaman era penjajahan kolonial Belanda pada tahun 1883 dan telah berusia 128 tahun.

Bangunan Masjid Darussalam ini telah  dua kali direnovasi, dimana pada tahun 1990 masjid Darussalam direnovasi dengan menyentuh pintu, lantai, teras masjid dan ruangan jemaah putri. 

Masjid yang memiliki dua lantai ini menampilkan bangunan yang megah dengan interior mewah. 

(BACA JUGA:BMKG Ungkap Bisa Cetak Rekor Baru dalam Perhitungan Hilal 1 Syawal 1443 H )

Selain itu yang menjadi ikonik di masjid ini adalah beduk raksasa dengan berdiameter 225 cm, panjang 350 cm dan berbobot 560 Kg.

Bagi Anda yang ingin melaksanakan sholat idul fitri di Masjid Darussalam, tempat ibadah ini memiliki kapasitas hingga 2.000 Jemaah.

`
Kategori : Mojokerto Update