Tak Percaya Diri Karena Punya Mata Panda? Inilah 7 Penyebab dan 5 Cara untuk Mengatasi Mata Panda


mata panda-dok.wayhomestudio-freepik.com

INFO MOJOKERTO - Mata panda adalah lingkaran hitam atau warna gelap yang terbentuk di bagian bawah mata. 

Hal ini umumnya dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang karena membuat wajah tampak lesu.

Munculnya mata panda bisa menjadi penanda perlunya merubah gaya hidup. Contohnya seperti perbaikan jam tidur dan menjaga pola makan.

Melansir dari Healthline, ini adalah beberapa penyebab munculnya mata panda.

1. Kelelahan

Kelelahan yang ekstrim dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata terbentuk. sering begadang atau kurang tidur juga dapat menyebabkan cairan menumpuk di bawah mata sehingga menyebabkan mata tampak bengkak.

(BACA JUGA:5 Minuman yang Wajib Dikonsumsi Saat Lebaran, Bisa Turunkan Berat Badan dan Tingkat Metabolisme Tubuh Salah Satunya)

Akibatnya, lingkaran hitam yang sebenernya bayangan dari kelopak mata yang bengkak akan terlihat.

2. Usia

Penyebab umum munculnya mata panda adalah penuaan alami. Seiring bertambahnya usia, kulit akan menjadi lebih tipis. Berkurangnya lemak dan kolagen juga akan berpengaruh pada elastisitas kulit.

Mata panda terjadi ketika pembuluh darah di bawah kulit menjadi lebih terlihat sehingga menyebabkan area bawah mata menggelap.

3. Ketegangan mata

Ketegangan mata menyebabkan pembuluh darah di sekitar mata membesar. Akibatnya, kulit di sekitar mata akan terlihat gelap. Ketegangan mata dapat muncul karena terlalu lama menatap layer televisi atau computer.

4. Alergi

Reaksi alergi dan mata kering dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata. Ketika terjadi alergi, tubuh akan melepaskan histamin sebagai respon terhadap bakteri berbahaya.

(BACA JUGA:Terbukti Ampuh! Inilah 3 Cara Atasi Jerawat Membandel, Simak Perawatan Kulit Wajah Berjerawat di Sini)

Hal ini dapat menyebabkan pembuluh darah melebar dan menjadi lebih terlihat di bawah kulit.

Alergi juga akan menimbulkan rasa tidak nayaman di sekitar mata, seperti gatal, bengkak, dan kemerahan. Hal ini kemudian dapat meningkatkan keinginan untuk menggosok atau menggaruk kulit di sekitar mata.

Tindakan ini dapat memperburuk gejala alergi, menyebabkan peradangan, pembengkakan, dan pecahnya pembuluh darah. Inilah yang menyebabkan bayangan gelap di bawah mata.

5. Dehidrasi

Dehidrasi terjadi ketika tubuh tidak menerima jumlah cairan yang tepat. Hal ini menyebabkan kulit menjadi semakin dekat dengan tulang sehingga mata terlihat cekung.

(BACA JUGA:Wajib Tahu! 5 Tips Tubuh Tetap Ideal Usai Makan Banyak saat Lebaran)

6. Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan tubuh memproduksi melanin berlebih, yaitu pigmen yang memberi warna pada kulit. Terlalu sering terkena sinar matahari dapat menyebbkan pigmentasi pada kulit di sekitar mata menjadi gelap.

7. Genetik

Riwayat keluarga juga berperan pada munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Mata panda bisa terlihat sejak masa kanak-kanak dan dapat memburuk atau perlahan menghilang seiring bertambahnya usia. Kondisi medis seperti adanya penyakit tiroid juga dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata.

Untuk mengatasi mata panda dapat dilakukan berdasarkan penyebab yang mendasarinya. Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan di rumah untuk membantu mengatasi kondisi ini.

(BACA JUGA:Stop Lakukan 5 Kebiasaan Ini untuk Menghindari Penuaan Dini, Merokok Salah Satunya)

1. Kompres dingin

Kompres dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan dan mengecilkan pembuluh darah yang melebar. Cara ini dapat membantu mengurangi munculnya bengkak dan lingkaran hitam pada mata.

Bungkus beberapa es batu dengan handuk bersih, kemudian kompreskan ke area mata. Membasahi waslap dengan air dingin lalu mengompresnya di bawah mata selama 20 menit juga dapat memberikan efek yang sama.

Ulangi proses ini ketika kain sudah tidak dingin atau es batu mencair.

2. Tidur cukup

Menambah jam tidur dapat membantu mengurangi munculnya mata panda. Biasakan tidur tujuh sampai delapan jam untuk mencegah munculnya lingkaran hitam di bawah mata.

(BACA JUGA:Wajah Memiliki Flek Hitam? Ini 4 Bahan Alami untuk Menghilangkan Flek Hitam di Wajah)

3. Posisi kepala saat tidur

Tinggikan posisi kepala dengan beberapa bantal untuk mencegah cairan menggenang di bawah mata dan membuatnya terlihat bengkak.

`
Kategori : Lifestyle