Punya Masalah Pencernaan Usai Lebaran? Berikut 5 Tips Mengatasi Masalah Pencernaan


Ilustrasi sakit-aquaArt studio-Pixabay

INFO MOJOKERTO - Hari raya Idul Fitri merupakan momen yang banyak diisi untuk berkumpul dengan orang-orang terkasih. Berbagai macam hidangan disediakan untuk melengkapi momen hari raya idulfitri.

Namun banyaknya menu hidangan ini sering memunculkan berbagai masalah pencernaan seperti begah, kembung, diare, dan sebagainya.

Sebab kondisi perut saat itu belum terbiasa dengan konsumsi makanan yang beragam setelah satu bulan menjalani puasa.

Selain itu, permasalahan pencernaan ini juga bisa disebabkan oleh konsumsi makanan dengan kandungan gizi tidak seimbang seperti garam dan gula yang terlalu tinggi. 

Berikut ini tips yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi masalah pencernaan pascalebaran :

(BACA JUGA:Merasa Depresi saat Bekerja? Inilah 8 Cara untuk Atasi Depresi di Tempat Kerja)

1. Konsumsi dalam porsi kecil

Pada saat lebaran seringkali orang-orang memakan semua hidangan yang diberikan sebagai bentuk balas dendam. Pembalasan dendam dilakukan karena telah lama menahan lapar dan haus selama sebulan. Namun tindakan ini dapat membuat masalah pencernaan muncul di kemudian hari. 

Oleh karena itu solusinya yaitu dengan makan dalam porsi yang kecil terlebih dahulu, jika dirasa masih lapar maka bisa mengambil lagi dalam porsi kecil. Tujuannya agar perut tidak kaget dengan jumlah porsi besar dalam satu waktu.

2. Hindari makan junk food

Makanan yang mengalami proses berulang kali memiliki gizi yang rendah dan kandungan minyak yang banyak. Sehingga rentan menyebabkan masalah pencernaan seperti kembung. Apalagi jika tidak diolah dengan benar. 

Oleh karena itu dengan menghindari konsumsi junk food merupakan pilihan yang terbaik agar terhindar dari masalah pencernaan pascalebaran.

(BACA JUGA:Tanpa Infus Pemutih, 6 Makanan Ini Bikin Kulit Makin Putih Bersih)

3. Hindari konsumsi makanan manis

Mengkonsumsi makanan manis seperti cokelat, permen,gulali, dan lainnya, dapat menimbulkan gastritis. Sehingga konsumsi makanan manis secara berlebihan bisa memperparah masalah pencernaan. 

4. Konsumsi makanan bergizi seimbang

Konsumsi makanan yang bergizi seimbang dapat menjadi solusi yang efektif. Mengonsumsi makanan yang banyak seperti daging kambing, daging sapi, ayam, ikan, dan lainnya dalam satu waktu akan menyebabkan masalah pencernaan sebab gizi yang dikonsumsi tidak seimbang. 

Oleh karena itu memperhatikn jumlah gizi yang dikonsumsi akan bisa mengatasi masalah pencernaan. Seperti melengkapi menu dengan sayuran yang bergizi.

5. Minum segelas jus buah segar

(BACA JUGA:Sedikit yang Tahu! Darah Tinggi Dapat Turun Hanya dengan 5 Cara Ini, Kurangi Konsumsi Natrium Salah Satunya)

Mengkonsumsi segelas jus buah segar dapat memberikan tambahan gizi dalam tubuh seklaigus bisa meredakan gejala dari berbagai masalah pencernaan. Selain buah segar, mengonsumsi minuman dari perasan jeruk lemon juga bisa meredakan gejala sakit pencernaan. 

(IM)

`
Kategori : Kesehatan