Pejuang Diet Wajib Tahu! Inilah 5 Karbohidrat yang Jaga Berat Badan Stabil


Ilustrasi roti sebagai sumber karbohidrat-Pixabay / wuzefe-Pixabay / wuzefe

INFO MOJOKERTO – Berikut 5 rekomendasi sumber Karbohidrat terbaik untuk jaga berat badan Anda tetap stabil.

Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh untuk tetap berenergi terlebih lagi saat proses metabolisme.

Terlebih lagi dalam penambahan berat badan, karbohidrat memiliki peran utama sehingga ketika melakukan Diet, sebagian orang membatasi asupan karbohidrat.

Namun, diet rendah karbohidrat seperti diet keto dan diet atkins ini sama buruknya dengan diet tinggi karbohidrat sebab tidak semua karbohidrat dibuat sama.

Melansir Medical Daily, berikut ini pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet:

(BACA JUGA:Punya Masalah Pencernaan Usai Lebaran? Berikut 5 Tips Mengatasi Masalah Pencernaan)

1. Ubi

Ubi kaya akan kandungan vitamin A, B6 dan C tetepi juga memiliki indeks glikemik yang tinggi.

Glikemik ini dapat menyebabkan lonjakan gula darah untuk sementara waktu sehingga baik dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Harvard Health menyarankan untuk merebus ubi bersama dengan kulitnya selama 20 menit untuk mempertahankan kandungan nutrisinya.

2. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh menyediakan protein dan serat tinggi yang dapat membantu menjaga Anda kenyang sehingga mengurangi keinginan untuk mengonsumsi cemilan tidak sehat.

Lebih dari itu, menurut Cleveland Clinic mengkonsumsi biji-bijian dapat mengurangi risiko stroke dengan membantu mengatur tekanan darah dan mengurangi risiko diabetes.

(BACA JUGA:Tak Percaya Diri Karena Punya Mata Panda? Inilah 7 Penyebab dan 5 Cara untuk Mengatasi Mata Panda)

Jika Anda ingin memasukkan biji-bijian utuh ke dalam daftar menu makanan Anda, roti atau pasta merupakan 100 persen gandum utuh.

Sementara tepung terigu hanya mengandung 25 persen gandum utuh. Oat, gandum dan beras merah juga dikenal sebagai biji-bijan utuh. 

3. Buah-buahan

Buah-buahan sering kali dilarang untuk dikonsumsi saat melakukan diet rendah karbohidrat.

Hal ini karena kebanyakan buah mengandung karbohidrat gula alami yang tinggi.

Namun, ketika dikonsumsi secara keseluruhan (daripada dicampur menjadi smoothie atau jus), akan baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Washington Post mengungkap makan apel yang tidak dikupas akan menghasilkan dua kali serat, 25 persen lebih banyak kalium dan 40 persen lebih banyak vitamin A.

(BACA JUGA:Punya Banyak Manfaat! Inilah 5 Tips Merawat Tubuh Secara Alami dengan Menggunakan Pisang)

4. Labu

Labu dikenal sebagai "super food" yang baik untuk ditambahkan ke daftar menu makanan.

Labu mengandung gula alami, juga tinggi lutein yang dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Kandungan labu lainnya berupa protein dan serat, magnesium dan kalium yang melindungi tulang.

5. Pulses atau kacang-kacangan

Kacang-kacagan merupakan sumber karbohidrat sehat yang dicerna lambat oleh tubuh.

Tinggi akan serat, vitamin, mineral, protein, dan phytochemical hingga kandungan fitokimia nabati.

Zat demikian ini bertanggung jawab atas warna dan rasanya yang membantu mencegah kanker karena dapat mengurangi peradangan di tubuh.

(BACA JUGA:9 Manfaat dan Tips Perawatan Kulit Wajah Berbahan Madu yang Bikin Wajah Makin Cerah dan Bersih)

Seperti kacang hijau yang mengandung kalium dan protein juga dapat membantu memperkuat tulang Anda.

(IM)

`
Kategori : Lifestyle