Benarkah Berolahraga saat Perut Kosong Dapat Turunkan Berat Badan ? Berikut Faktanya Menurut Ahli Kesehatan


tips diet tips menurunkan berat badan-Pixabay / jarmoluk-Pixabay / jarmoluk

INFO MOJOKERTO – Puasa itermiten menjadi viral belakangan ini, pasalnya penelitian menunjukkan dampak positifnya, yakni mampu menurunkan berat badan.

Diet tidak hanya dengan cara menjaga pola makan, serta asupan tubuh, namun perlu dibarengi dengan olahraga yang teratur.

Akan tetapi, beberapa orang beranggapan jika puasa sebelum berolahraga adalah cara yang baik untuk mengurangi berat badan.

Melansir dari Medical Daily, para ahli kesehatan mengungkap kepada Mindbodygreen bahwa hal ini sebenarnya tidak terlalu bermanfaat.

Berolahraga dengan perut kosong memang benar-benar bisa membakar banyak kalori tapi saat seseorang akan merasakan dorongan untuk makan kalori berlebih setelah latihan intens.

(BACA JUGA:Pejuang Diet Wajib Tahu! Inilah 5 Karbohidrat yang Jaga Berat Badan Stabil)

Sebagai contoh, satu orang bisa membakar hingga 300 kalori lemak saat berolahraga dalam keadaan puasa.

Saat orang itu pulang dan makan 800 kalori, maka Ia mengalahkan tujuan latihan kardio saat puasa yakni untuk menurunkan berat badan.

"Membakar lemak tidak sama dengan kehilangan lemak tubuh," ujar Nancy Clark penulis "The Sports Nutrition Guidebook".

Menurutnya, sebagian orang percaya bahwa fasted cardio atau berolahraga saat perut kosong bisa membantu mengurangi lemak tubuh secara efisien, tetapi kondisi ini tidak terjadi pada kebanyakan kasus.

Ahli fisiologi olahraga John Ivy mengatakan memang ada keuntungan melakukan latihan kardio saat perut kosong tetapi memunculkan perubahan hormon yang terjadi pada awal melakukan latihan.

`
Kategori : Olahraga