Tak Banyak yang Tahu! Brokoli Dapat Sembuhkan Stroke, Begini Hasil Penelitiannya


Ilustrasi Brokoli-Southstore Design-pexels

INFO MOJOKERTO - Pola makan empat sehat lima sempurna mau tidak mau memang harus biasa kita terapkan agar tubuh terus menerima asupan nutrisi yang seimbang.

Namun tak sedikit dari kebanyakan orang yang kurang berminat mengkonsumsi sayuran karena rasa atau selera.

Padahal, sudah banyak terbukti dalam berbagai studi mengenai pentingnya asupan sayuran bagi kesehatan tubuh.

Berdasarkan Penelitian baru dari Edith Cowan University, sayuran cruciferous seperti brokoli, kembang kol dan lainnya ternyata memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung.

Dilansir dari Medical Daily, penelitian tersebut melibatkan 684 orang wanita yang rata-rata berusia 75 tahun dengan melaporkan pola konsumsi sayuran mereka selama 12 bulan melalui kuesioner frekuensi makanan. Sayuran yang mereka konsumsi antara lain brokoli, kubis dan kembang kol.

(BACA JUGA:Sering Berkeringat Dingin ? Jangan Dianggap Remeh Berikut Resiko Sering Berkeringat Dingin)

Diketahui, dari hasil tersebut ternyata wanita yang makan lebih banyak sayuran ini memiliki peluang lebih rendah untuk mengembangkan kalsifikasi atau pengerasan di arteri.

Mereka yang mengkonsumsi dengan intensitas lebiha dari 45 gram sayuran per hari menunjukkan 46 persen lebih kecil kemungkinannya mengalami banyak kalsifikasi di jantung mereka daripada wanita yang hanya makan 15 gram sehari.

Kalsifikasi pembuluh darah dapat terjadi ketika kalsium dan lemak mengalami penumpukan sepanjang sisi pembuluh, yang perlahan akan mengeras dan mempersempit pembuluh darah.

Pada kasus terburuk, hal tersebut dapat memicu penyakit stroke hingga serangan jantung.

Dikutip dari laman Healthline, sekitar 99 persen kalsium tubuh ada di gigi dan tulang. Sementara 1 persen lainnya ada di dalam darah, otot, cairan di luar sel, dan jaringan tubuh lainnya.

(BACA JUGA:Punya Masalah Pencernaan Usai Lebaran? Berikut 5 Tips Mengatasi Masalah Pencernaan)

Namun tubuh ada kalanya mengalami gangguan yang menyebabkan penumpukan kalsium pada tempat yang bukan semestinya. Jika hal tersebut berlanjut, maka berpotensi menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari.

Jika anda memiliki gangguan tersebut, anda mungkin memerlukan perawatan untuk mencegah komplikasi di masa yang akan datang.

(IM)

`
Kategori : Kesehatan