Mau Nonton Siaran TV Digital Tanpa Set Top Box? Begini Caranya


Ilustrasi foto TV Digital-Afra32-Pixabay

INFO MOJOKERTO - Bagi Anda yang ingin menonton siaran TV Digital Kominfo 2022 tanpa perlu adanya Set Top Box (STB), berikut cara yang bisa Anda ikuti.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kini telah berupaya untuk mewujudkan transformasi TV digital Indonesia dengan migrasi ke siaran TV digital.

Seperti diketahui untuk menonton siaran TV digital masyarakat membutuhkan perangkat Set Top Box (STB) bagi TV yang masih analog seperti TV cembung dan TV layar datar yang tak mempunyai fitur DVB-T2.

Pemerintah telah berupaya dalam membagikan sebanyak 3,2 juta perangkat Set Top Box (STB) gratis kepada warga miskin di seluruh Indonesia secara bertahap.

Dengan adanya pembagian STB tersebut adalah sebagai penunjang masyarakat dalam mendapatkan sinyal siaran Televisi digital jelang pemadaman TV analog atau Analog Switch Off (ASO).

(BACA JUGA:Jangan Salah Pilih! Ini Daftar 17 Merek dan Tipe Set Top Box ‘STB’ Bersertifikat Resmi Kominfo 2022)

Pada tahap pertama pemadaman TV analog atau Analog Switch Off (ASO) tersebut akan bergulir pada 56 wilayah siaran.

56 wilayah tersebut  mencakup 166 Kabupaten dan Kota, dimana di antaranya adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, dan Bali.

Untuk itu bagi Anda yang ingin berpindah dari siaran TV analog ke siaran TV digital tidak perlu membeli TV baru atau antena baru.

Bagi Televisi yang hanya bisa menangkap siaran TV analog maka tinggal manambah alat dekoder atau Set Top Box (STB) TV Digital.

Alat ini bisa Anda beli secara langsung di toko elektronik maupun online, Namun perlu Anda ingat bahwa Kominfo mengimbau untuk membeli STB yang telah bersertifikat Kominfo.

Jadi langkah pertama yang bisa Anda lakukan sebelum migrasi ke siaran TV digital adalah mengecek apakah TV di rumah sudah siap digital atau belum.

Jika Televisi Andan  sudah mampu mengakses sinyal digital maka siaran digital bisa otomatis di tonton  dan tidak memerlukan alat bantu.

Nantinya Anda hanya tinggal melakukan pelacakan baik secara otomatis maupun manual melalui menu TV.

Namun apabila TV anda belum siap untuk beralih ke TV digital maka Anda membutuhkan alat decoder / Set Top Box (STB) unuk menangkap sinyal.

Untuk mengetahui apakah Televisi di rumah sudah digital atau belum caranya cukup mudah yaitu memeriksa perangkat dengan cara mengecek pilihan pada menu pencarian sinyal tv digital (DTV) pada perangkat televisi.

(BACA JUGA:TV Analog akan Segera Dihapus Gunakan Set Top Box (STB) di TV, Begini Cara Pilih STB yang Aman)

1. Lihat stiker yang tertera di perangkat televisi.

Jika TV anda sudah mendukung makan akan tertera stiker di antaranya bertuliskan’ Siap Digital’ yang mendukung siaran digital.

Jika TV Anda analog maka tidak ada stiker bertuliskan ‘Siap Digital’ tersebut.  Atau jika Anda membeli tv baru dapat menanyakan langsung kepada pelayan toko. 

2. Cek spesifikasi TV secara manual:

Anda bisa memulainya dengan mengecek pada spesifikasi produk, Cek brosur TV Anda, ataupun menghubungi toko Anda membeli produk tersebut.

`
Kategori : Nasional
Sumber : kominfo.go.id