Masa Berlaku SIM Habis Saat Libur Lebaran? Jangan Khawatir, Masih Bisa Diperpanjang Sampai Tanggal Ini


Ilustrasi SIM-Polri.go.id-Polri.go.id

INFO MOJOKERTO - Bagi masyarakat pemilik Surat Izin Mengemudi (SIM) yang telah lewat masa berlakunya saat libur Lebaran bisa diperpanjang pada tahun ini.

Padahal sebelumnya, apabila SIM telah lewat dari satu hari, maka pemilik SIM tersebut harus melakukan pembuatan SIM baru.

Dispensasi perpanjangan SIM ini tertuang dalam Surat Telegram Kapolri kepada para Kapolda Nomor: ST/785/IV/YAN.1.1./2022.

Adapun isi Surat Telegram tersebut disebutkan bahwa pelayanan SIM kepada masyarakat diliburkan pada tanggal 29 April hingga 8 Mei 2022.

Adapun rentang waktu dispensasi perpanjangan SIM yang mati saat libur Lebaran berlaku pada tanggal 9 Mei sampai 17 Mei 2022 tanpa mekanisme pembuatan SIM baru.

(BACA JUGA:Jadwal Acara GTV, Selasa 10 Mei 2022 : Ada Big Movies Candyland dan Dunia Kirara)

Oleh karena itu, bagi pemegang SIM yang masa berlakunya habis selama libur Lebaran atau tanggal 29 April 2022 sampai 8 Mei 2022, bisa diperpanjang mulai hari ini, Senin (9/5).

Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah bagi pemegang SIM yang sudah lewat masa berlakunya dan tidak diperpanjang sampai 17 Mei 2022, maka SIM itu dinyatakan tidak berlaku lagi dan tidak dapat melakukan proses perpanjangan.

Melansir dari laman PMJ News, jika proses perpanjangan lewat dari tanggal 17 Mei 2022, maka pemegang SIM harus melalui proses penerbitan SIM baru dengan melalui persyaratan administrasi, ujian, dan PNBP sesuai ketentuan penerbitan SIM baru.

`
Kategori : Nasional