Takut Tertular? Begini Cara Cegah Hepatitis Akut Misterius pada Anak


ilustrasi anak sakit-Pixabay/Free-Photos-Pixabay/Free-Photos

INFO MOJOKERTO - Pandemi Covid-19 belum berakhir dan dunia diguncang dengan munculnya penyakit hepatitis misterius yang banyak menyerang anak-anak. Di Indonesia, ada tiga kematian akibat hepatitis misterius.

Hingga saat ini, banyak ahli yang masih mempelajari asal muasal dan penyebab penyakit tersebut. 

Meskipun tidak ada titik terang yang secara jelas menjelaskan penyebab di balik penyakit ini, WHO telah mengungkapkan bahwa adenovirus mungkin menjadi salah satu penyebab infeksi hepatitis yang misterius.

Para ahli percaya bahwa banyak tindakan pencegahan dapat diambil untuk melindungi anak-anak dari penyakit. 

Ketua Unit Kerja Koordinasi Gastro-Hepatologi IDAI Muzal Kadim mengatakan sebaiknya masyarakat menghindari membeli makanan dan minuman dari luar.

(BACA JUGA:Terkuak! 2 Golongan Darah Ini Sulit dalam Menurunkan Berat Badan, Apa Saja?)

"Dihindari barangkali makan-makan di luar, jajan-jajan di luar. Terutama tempat yang kita meragukan kebersihannya. Memang kalau untuk anak itu kita menyiapkan sendiri, terutama pada bayi, makanan sebaiknya disiapkan oleh ibunya," ujar Muzal Kadim dalam konferensi pers daring pada Sabtu (7/5).

Tak hanya itu, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) juga meminta masyarakat untuk menjaga kebersihan dan mematuhi protokol kebersihan, terutama saat berada di tempat umum.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sendiri merinci beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mencegah hepatitis akut misterius ini:

1. mencuci tangan dengan menggunakan sabun hingga sela- sela tangan

2. meminum air putih yang bersih dan matang

`
Kategori : Nasional