Jangan Sia-siakan! Inilah Lima Keutamaan Puasa Syawal


Ilustrasi berpuasa-dok.mohamed_hassan-pixabay.com

INFO MOJOKERTO - Bulan Ramadan telah berlalu, namun Kaum Muslimin tetap bisa menjalankan ibadah dan mencari pahala dengan berbagai amalan lainnya.

Pada bulan Syawal ini, ada puasa sunah yang bisa dilakukan para umat Muslim untuk mendapatkan pahala dan berbagai keutamaannya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:   

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

Artinya : "Siapa saja yang berpuasa Ramadhan, kemudian dilanjutkan dengan enam hari di bulan Syawal, maka seperti pahala berpuasa setahun." (HR Muslim) 

Sebagaimana yang disebutkan dalam hadis tersebut, dengan melaksanakan puasa sunnah Syawal maka kaum Muslim akan mendapatkan keutamaan berupa pahala puasa setahun.

(BACA JUGA:Empat Hal ini Bisa Menjadikan Derajat Seseorang Naik, Berilmu Salah Satunya)

Selain itu, ada juga beberapa keutamaan dari puasa Syawal. Mengutip dari laman NU Online, menurut Imam Ibnu Rajab al-Hanbali, ada lima keutamaan yang bisa didapatkan dari puasa sunnah di bulan Syawal :   

1. Ibadah yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan tidak terputus.   

Dengan selesainya bulan suci Ramadhan, bukan berarti ibadah yang diamalkan sudah selesai. Namun, alangkah baiknya jika kaum Muslim mempertahankan kualitas dan kuantitas ibadah di bulan-bulan selanjutnya sebagaimana di bulan Ramadan.

Puasa Syawal dapat dikatakan adalah salah satu bentuk usaha yang dapat dilakukan untuk melestarikan ibadah yang telah dilaksanakan pada bulan Ramadhan. 

`
Kategori : Oase