1.145 Hewan Ternak di Mojokerto Sembuh dari PMK, Begini Penjelasan Kepala Dinas Pertanian


Foto ilustrasi:Lagi 3 sapi terindikasi PMK di kota Malang-Pixabay-

INFO Mojokerto - Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Mojokerto melaporkan total jumlah Hewan Ternak yang sembuh dari Penyakit Mulut Dan Kuku (Pmk) menjadi 1.145.

Berdasarkan data Update Sebaran Pmk per 26 Mei 2022, sejumlah 1.145 hewan ternak itu terdiri dari 1.141 sapi dan 4 ekor kambing. Adapun jumlah peningkatan yang sembuh dari PMK ada 40 ekor.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, Nurul Istiqomah mengungkapkan, jumlah hewan ternak yang sakit ada 974, terdiri dari 968 sapi dan 6 kambing.

"Untuk jumlah yang sembuh 1.145, yang mati 30, dijual 20 ekor, dan yang dipotong paksa ada 15 ekor," ujar Nurul dalam keterangan tertulis yang dikutip Tim Info Mojokerto dari laman mojokertokab.go.id, Kamis (26/5).

Nurul mengatakan, pihaknya telah mengerahkan seluruh tim Disperta Kabupaten Mojokerto untuk melakukan penanganan wabah PMK ini.

(BACA JUGA:Diskopukmperindag Mojokerto Buka Pelatihan Alas Kaki Klompen, Begini Syarat dan Ketentuannya)

"Tim kami sudah disebar di seluruh desa di Kabupaten Mojokerto untuk melakukan pengobatan dan melakukan langkah-langkah Antisipasi terhadap hewan-hewan yang masih sehat agar tidak tertular PMK," ungkapnya.

Menurut Nurul, Pemerintah Kabupaten Mojokerto bersama Forkopimda Kabupaten Mojokerto telah melakukan salah satu langkah antisipasi berupa pembatasan mobilitas hewan ternak selama wabah PMK.

"Selain enam pasar hewan ditutup sementara, pembatasan mobilitas hewan ternak juga kami lakukan dengan cara melakukan razia bersama Polres Mojokerto di perbatasan wilayah Kabupaten Mojokerto. Ini untuk mengantisipasi adanya lalulintas perdagangan hewan ternak lintas wilayah," pungkasnya.

(IM)

`
Kategori : Mojokerto Update